News  

Viral Video Kapolsek Pinrang Berlutut Mohon Ampun Lindungi Korban Amukan Massa

Kapolsek di Pinrang, Iptu Akbar Rela Bersimpuh Memohon Agar Massa Tidak Lakukan Tindak Kekerasan Kepada Korban

Video viral aksi heroik seorang polisi selamatkan warga dari amukan massa. Dalam video yang memperlihatkan polisi yang bersimpuh dan memohon di hadapan massa yang bawa golok itu viral di media sosial.

Sosok polisi tersebut adalah Iptu Akbar yang merupakan Kapolsek Cempa di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Video tersebut salah satunya dibagikan oleh akun Instagram @tribratatvhumaspolri.

Dalam postingannya tersebut, Humas Polri juga menuliskan aksi Iptu Akbar tersebut mendapat sambutan banyak pihak.

Video aksi heroik Kapolsek Cempa Polres Pinrang, Iptu Akbar yang rela bersimpuh di tanah memohon belas kasih dari massa saat berlangsungnya aksi demostrasi ratusan warga di lokasi tambang pasir Desa Salipolo Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang, Selasa (5/11/2019) lalu, mulai viral di Media Sosial (Medsos) dan menuai simpatik dari warga Pinrang.

Pasalnya, aksi tersebut dinilai sangat sarat unsur kemanusiaannya, dimana demi menyelamatkan nyawa seorang pekerja tambang pasir yang sudah terluka dan terkapar tak berdaya di pepohonan.

Iptu Akbar rela bersimpuh sambil memohon belas kasih massa yang masih mencoba menganiaya sang pekerja tambang pasir.

“Beliau seorang Perwira Kepolisian dengan jabatan Kapolsek, tetapi rela bersimpuh memohon belas kasih warga demi menyelamatkan nyawa seorang pekerja tambang yang sudah terluka terkapar tak berdaya dari amuk massa.

“Kami salut dan simpatik atas tindakan beliau, dan hal seperti inilah yang perlu mendapatkan atensi penghargaan dari Pimpinan Polri,” kata Muhammad Nur, tokoh Pemuda Pinrang yang juga menjabat sebagai wakil ketua di organisasi Pemuda Muhammadiyah Cabang Pinrang (8/11/2019).

Hal senada dilontarkan Agustinus Minggu, seorang warga Pinrang lainnya.

“Saya sudah menonton langsung videonya. Dan sebagai warga Pinrang, saya salut dan bangga memiliki seorang Kapolsek seperti beliau,” sebut Agustinus Minggu yang juga menjabat Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Pinrang.

“Pak Kapolsek rela menanggalkan pangkat dan jabatannya serta mempertaruhkan nyawanya sendiri demi menyelamatkan nyawa seseorang yang sudah tak berdaya dari amuk massa. Ini aksi kemanusiaan yang luar biasa,” lanjutnya.

Rasa simpatik juga disampaikan Muchsin Jack. Muchsin yang merupakan tokoh pemuda dan seorang aktivis di Kabupaten Pinrang menyebutkan, aksi Kapolsek tersebut sangat rawan dan bisa mengancam nyawanya sendiri.

”Beliau mempertaruhkan nyawanya sendiri demi memyelamatkan nyawa orang lain. Sudah sering kita tonton, aparat terkadang menjadi incaran amuk massa saat ada aksi demonstrasi,” tulis akun @ tribratatvhumaspolri.

Dalam video tersebut, terlihat Iptu Akbar bersimpuh sambil memohon agar massa yang membawa golok itu tidak melukai warga yang sudah terluka. “Aja pak, aja kasi (Jangan pak, jangan! Kasihan),” ujar Iptu Akbar dalam video tersebut.

Dikutip dari Kompas.com, kejadian tersebut terjadi ketika massa menggelar aksi menolak tambang ilegal di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

“Saat itu, puluhan warga menolak tambang ilegal, dilakukan dengan aksi demo. Saat itu warga tersulut emosi,” kata Iptu Akbar seperti dilansir oleh Kompas.com, Senin (11/11/2019).

Iptu Akbar menjelaskan bahwa pada saat itu massa sudah memukuli korban yang merupakan pekerja di tambang. Saat suasana semakin memanas, sejumlah warga lainnya mengejar pekerja dan menghunuskan golok dan parang.

“Saat terjatuh, korban kemudian nyaris ditebas oleh warga yang sudah menghunuskan goloknya. Karena situasi emosi, saya kemudian berinisiatif bersimpuh, memohon agar tidak menebas korban,” kata Akbar.

Untuk menghalau massa tersebut, Iptu Akbar kemudian merapatkan kedua tangannya hingga sejajar dengan wajah dan memohon agar massa tidak melukai pekerja tambang yang sudah jatuh terkapar.

Menurut Wakapolres Pinrang Kompol Nugraha Pamungkas, Iptu Akbar memang dikenal sebagai polisi yang ramah dan cukup disehani oleh warga Pinrang.

“Iptu Akbar dikalangan polisi dan warga dikenal sebagai polisi yang berkepribadian baik dan suka monolong,” kata Wakapolres Pinrang Kompol Nugraha Pamungkas.

Kompol Nugraha Pamungkas juga menambahkan bahwa Iptu Akbar akan diberikan penghargaan terkait aksi heroiknya yang membantu menyelamatkan warga tersebut. {tribunnews}