Marquez Persembahkan Triple Crown Untuk Jorge Lorenzo

Alex Marquez dan Marc Marquez Rayakan Kemenangan

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menutup MotoGP 2019 dengan menggenapi raihan triple crown dan rider dengan poin terbanyak selama semusim.

Sebelumnya, Honda sudah memegang dua titel melalui juara dunia pembalap (Marc Marquez) dan konstruktor terbaik. Pada balapan terakhir MotoGP 2019, GP Valencia, Marc Marquez finis pertama sehingga Honda resmi menjadi tim terbaik musim ini.

Marquez menggambarkan 2019 sebagai musim terbaik dalam kariernya dengan raihan 12 kemenangan balapan. Pada musim 2014, pembalap berusia 26 tahun ini memenangkan 10 balapan.

Kemenangan itu membuat Marc Marquez menjadi pembalap dengan torehan poin terbanyak selama satu musim setelah mengoleksi 420 poin.

Sebelumnya, torehan poin paling banyak dikoleksi Jorge Lorenzo saat menjadi juara dunia MotoGP 2010. Saat itu, Lorenzo menyelesaikan musim kompetisi kelas premier dengan 383 poin.

Catatan sejarah Marquez dibuat saat Lorenzo melakoni balapan terakhirnya di kelas premier.

“Ini adalah musim terbaik dalam karier saya dan saya tidak tahu apakah itu akan menjadi musim terbaik dari semua karier saya. Namun, statistik berbicara,” kata Marquez dilansir BolaSport.com dari Crash.

Marquez mengatakan bahwa dia menyelesaikan kalender MotoGP 2019 dengan cara terbaik karena dia keluar sebagai juara dan memastikan Repsol Honda sebagai tim terbaik.

“Ini adalah cara untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Jorge karena pada akhirnya Jorge yang ada dalam pikiran saya,” aku Marquez.

“Bagi semua orang, Jorge merupakan pemegang lima gelar juara dunia. Pada akhirnya kami akan merayakan sesuatu bersama malam ini dan akan membuat saya bahagia,” ucap Marquez.

Marquez secara merendah mengatakan bahwa keberhasilannya pada 2019 merupakan hasil kerja sama tim sehingga dia mampu mendominasi posisi dalam klasemen pembalap MotoGP.

“MotoGP 2019 adalah musim terbaik dan paling saya nikmati. Ketika hasilnya datang, kamu merayakannya dengan baik,” kata Marquez.

“Lawan sedang menunggu untuk melihat di mana saya akan membuat beberapa kesalahan. Tetapi, pada saat ini saya bangga dengan tim saya dan orang-orang di sekitar saya menjaga mental yang sama, terutama Alberto (Puig) sebagai manajer tim yang sering mamacu saya.”

“Bahkan ketika saya memimpin klasemen dengan 80 poin, dia berusaha keras. Pada balapan terakhir ini, dia meminta kepada saya bahwa saya harus fokus. Ini adalah cara terbaik untuk pembalap,” tutur Marquez.

Persiapan MotoGP 2020  secara resmi akan dimulai Selasa depan atau (26/11/2019) dengan tes selama dua hari pasca GP Valencia. Marquez juga akan mengantisipasi tantangan yang lebih besar untuk gelar juara dunia tahun depan.

Pembalap berusia 26 tahun itu sudah mulai menguji motor 2020 dengan sasis baru yang terlihat selama latihan di GP Valencia akhir pekan ini.

“Ini balap, ini kompetisi, ini MotoGP dan itu yang terbaik. Tetapi, musim ini kami sangat menikmati.”

Sementara itu, Lorenzo menyelesaikan karier balap pada MotoGP dengan finis di urutan ke-13 dan menyumbang tiga poin bagi Repsol Honda. {bolasport}