Nama Repsol Honda Tak Tercantum Pada MotoGP 2021?

Nama Repsol Honda terancam akan hilang pada gelaran MotoGP musim 2021 mendatang. Setelah melakoni kerja sama selama 26 tahun atau sejak 1994, Repsol dan Honda dikabarkan akan pecah kongsi pada akhir 2020.

Dilansir dari Speedweek, para petinggi Honda Racing Corporation (HRC) tidak ingin untuk menandatangani kontrak baru bersama perusahaan migas asal Spanyol itu.

HRC disinyalir akan menggandeng perusahaan asal Belanda, Shell setelah mengakhiri hubungan dengan Repsol. Tim berlogo sayap tunggal tersebut memilih Shell karena ingin memperdalam kerja sama mereka.

Shell sudah menjadi sponsor bagi tim Idemitsu Honda Asia untuk kelas Moto2 musim 2020 yang merupakan milik Hiroshi Aoyama. Selain itu, Shell juga telah menghabiskan bertahun-tahun bersaman dan Honda untuk menggelar ajang Advance Asian Talent Cup.

Kolaborasi Repsol dan Honda telah membuahkan 17 gelar juara dunia di kelas tertinggi untuk enam pembalapnya. Mick Doohan dengan 5 gelar juara, enam gelar juara dunia dari Marc Marquez dan Valentino Rossi sebanyak tiga gelar.

Selain itu, satu gelar juara berhasil diraih oleh Alex Criville, Casey Stoner dan mendiang Nicky Hayden. Repsol Honda mengakhiri MotoGP 2019 dengan pencapaian luar biasa.

Melalui duet pembalapnya, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo, pabrikan Jepang itu berhasil menggenggam triple crown dengan menjadi raja di kategori pembalap, konstruktor, dan tim.

Pada musim depan, Repsol Honda akan dipekuat oleh pasangan kakak beradik, Marc Marquez dan Alex Marquez yang akan menggeber motor RC213V. {bolasport}