News  

Gaya Kasual Nadiem Saat Pelantikan Rektor UI Panen Kritik

Begini Gaya Kasual Mendikbud Nadiem Makarim Saat Hadiri Pelantikan Rektor UI

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menghadiri acara pelantikan Rektor Universitas Indonesia (UI) Profesor Ari Kuncoro. Namun, penampilan Nadiem yang memakai baju santai dengan celana jins ke acara formal menuai kritik.

Mantan Ketua DPR RI Marzuki Alie mengkritik penampilan Nadiem Makarim yang memakai baju santai dalam acara resmi. Menurut Marzuki, Nadiem seharusnya berpakaian yang menyesuaikan acaranya, mengingat dia adalah pejabat publik.

Kritik ini disampaikannya melalui kicauan yang diunggah di akun Twitter pribadinya, @marzukialie_MA, pada Jumat (6/12/2019).

“Mas menteri Nadiem Makarim sebagai pejabat VVIP pada acara resmi protokoler, pelantikan rektor UI, pakai baju santai, sepatu tanpa kaos, di saat yang lain pakaian lengkap. Perlu mencontoh Presiden Jokowi yang bisa menyesuaikan dress codenya. Anda sekarang pejabat publik,” tulis Marzuki.

Marzuki juga mengunggah foto penampilan Nadiem Makarim saat bersalaman dengan Rektor UI.

Ia terlihat memakai baju batik yang lengannya dilipat, celana jin dan sepatu tanpa kaus kaki. Sementara itu tamu lain yang hadir di acara pelantikan itu tampak memakai baju formal, seperti kebaya atau jas dengan dasi.

Warganet kemudian mengomentari kritikan Marzuki Alie ini. Sebagain dari mereka setuju pada kritikan itu. “Pencitraan yang gagal…” tulis @UAlla02

“Jujur saya sedih melihatnya. Etika dan penghormatan ke orang lain tetap perlu – kita tidak bisa seenaknya,” tulis @msaid_didu.

Sementara warganet lain merasa kritik dari Marzuki Alie tidak penting. “Tidak penting. Itu pakaian sdh lebih dari sopan dan layak. Mata Anda saja yang terlalu silau dengan kemewahan dalam tipe yang lain,” tulis @graaltaliawo.

Untuk diketahui, pelantikan Prof. Ari Kuncoro sebagai Rektor UI periode 2019 – 2024 dilaksanakan pada Rabu (4/12/19) di Balai Purnomo UI kampus Depok.

Nadiem Makarim menyampaikan pidatonya tentang kemerdekaan belajar pada acara pelantikan tersebut. Selain dia, hadir juga Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Dikutip dari situs resmi UI, (5/12/2019), Nadiem mengatakan, “Saya mengintepretasikan upaya mencetak SDM unggul di universitas adalah dengan Kemerdekaan Belajar, dan Dosen Bergerak.”

“Kemerdekaan belajar dalam artian memberi kebebasan dan otonomi kepada lembaga pendidikan, dan merdeka dari birokratisasi, dosen dibebaskan dari birokrasi yang berbelit serta mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang mereka sukai”. {suara}