7 Pemain Hebat Melamar, Umuh Muchtar: Jika Semua Gabung, Persib Juara

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar

Liga 1 2019 tinggal menyisakan tiga pertandingan lagi bagi Persib Bandung, namun bursa transfer pemain sudah mulai menyeruak. Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar bahkan mengatakan banyak pemain yang ingin bergabung bersama tim kebanggaan bobotoh tersebut.

“Banyak, ada lokal ada asing. Kalau ini tertampung, orang-orang ini. Juaralah saya yakin. Ada hampir tujuh orang, ada lokal ada asing pemain bagus,” ujar Umuh di Graha Persib, Jalan Sulanjana No 17, Selasa (10/12/2019).

Dia pun memberikan kisi-kisi soal siapa pemain yang melamar ke Persib. Dari mulai pemain berkaliber Tim Nasional hingga pemain asing yang sedang merumput di Indonesia. Namun, Umuh belum mau membocorkan siapa saja pemain-pemain yang melamar ke Maung Bandung.

“Tunggulah mudah-mudahan, kalau saya kan tidak bisa menentukan apa-apa, saya serahkan saja ke manajemen dengan pelatih cuma nanti biasanya Pak Glenn juga minta masukan-masukan,” katanya.

Dia pun optimistis musim depan, Persib bisa kembali diperhitungkan sebagai calon juara dengan pemain-pemain terbaiknya. Umuh pun menegaskan PT PBB selaku pengelola Persib siap mengeluarkan uang berapapun untuk pemain yang akan datang.

Insya Allah, saya yakinlah kalau pemain-pemain ini yang terbaik karena untuk PT Persib tidak ada masalah. Tidak kekurangan. Jadi tinggal mengatur saja. Mudah-mudahan tidak ada gangguan di PT,” katanya.

Minta Kevin Dicoret

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, mengaku belum melihat kontribusi nyata dari Kevin van Kippersluis selama bermain di Persib Bandung.

Menurut Umuh Muchtar, saat Kevin van Kippersluis, Persib Bandung justru malah terlihat seperti bermain dengan 10 pemain. “Mungkin lihat Kevin di depan gujlang gajleng (loncat-loncat) gitu, jadi pemain merasa main 10 (pemain).

Saya sekarang ngomonglah tidak ada masalah, ini bukan intervensi tapi ini kenyataan saya punya hak untuk ngomong,” ujar Umuh Muchtar ditemui di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (10/12/2019).

Menurut Umuh, kemungkinan kontrak Kevin van Kippersluis bersama Persib Bandung tidak akan diperpanjang di musim depan.

“Kalau diteruskan di Persib saya yakin orang sakit itu ya. Saya bukan intervensi tapi ini saran pribadi saya ya kalau Kevin mah coret saja.

Ini baru saja ngomong, biar pak Teddy tahu dan dilaporkan ke Pak Glen. Paling, Pak Glen juga ketawalah kalau bilang gini, intinya kalau Kevin main Persib seperti main 10 orang,” katanya.

Sejak gabung bersama Maung Bandung diawal putaran kedua,Kevin van Kippersluis tercatat sudah bermain selama 1041 menit. Dari hasil dari 13 pertandingan, Kevin van Kippersluis baru mencetak dua gol untuk Maung Bandung.

Dapat Kritikan

Sebelumnya, Kevin van Kippersluis dinilai kurang maksimal memanfaatkan peluang, saat pertandingan melawan PSS Sleman.

Dalam pertandingan yang berakhir imbang 0-0 tersebut, Kevin van Kippersluis tercatat beberapa kali mendapat peluang matang di depan gawang PSS Sleman. Tidak ada yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Kevin sempat mendapat peluang emas di awal babak pertama. Ketika itu ia mendapat sodoran bola di dari Ezechiel N Douassel di dalam kotak penalti. Sayang, tendangan Kevin van Kippersluis melambung tinggi.

Mantan pemain Persib Bandung, Gilang Angga mengatakan, sebagai pemain asing feeling gol Kevin van Kippersluis masih kurang. Jika dibandingkan dengan Jonathan Bauman, pemain asing Persib musim lalu, menurutnya kemampuan mencetak gol Kevin sangat jauh.

“Tadi (kemarin) Persib juga mendapat beberapa peluang, cuma sayang tidak dimaksimalkan dengan baik. Saya melihat, Kevin Van Kippersluis itu feeling golnya agak kurang, ya, beda dengan Jonathan Bauman,” ujar Gilang Angga, saat dihubungi melalui sambungan telepon, kemarin.

Menurut Gilang Angga, secara postur tubuh, Kevin van Kippersluis memang unggul dari Jonathan Bauman. Sayangnya, kelebihan itu tidak ditunjang dengan duel-duel udara yang agresif.

“Cuma feeling golnya kurang sekali. Banyak peluang yang tidak bisa dimaksimalkan menjadi gol, dan itu terjadi bukan di pertandingan ini saja, sebelumnya juga kurang maksimal,” katanya. {tribun}