PSSI Hampir Pasti Pilih Shin Tae Yong Jadi Pelatih Timnas, Bukan Luis Milla

Shin Tae Yong Saat Bertemu Dengan Mochamad Iriawan atau Disapa Iwan Bule, Ketua Umum PSSI

Pelatih Shin Tae-yong, selangkah lagi akan menjadi Pelatih Timnas Indonesia. Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua PSSI, Mochamad Irawan, kabarnya, meskipun akan dirapatkan, namun kemungkinan besar sosok pelatih asal Korea Selatan inilah yang dipilih.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule masih akan merapatkan dengan anggota EXCO. “Soal pelatih Timnas Indonesia, Besok kembali saya akan rapat di Jakarta. Tapi kemungkinan kita akan ambil Shin Tae-yong ya, kemungkinan ya,” ucap Iriawan di laman Bolasport.

Iriawan menegaskan keputusan mengambil Shin Tae-yong hanya sekian persen saja. Baginya PSSI harus bergerak cepat karena Shin Tae-yong juga dikabarkan akan diambil oleh salah satu klub China.

“Semua tinggal rapat Exco saja. Jadi barusan ada sebagian, tapi kan belum ada exco semuanya. Shin Tae-yong sendiri sekarang mau diambil China kan, jadi sebelum itu kita harus cepat ya,” tegas pria yang kerap disapa Iwan Bule ini.

“Jadinya harus cepet-cepetan kita untuk dia,” tukas Iwan Bule.

Menurutnya, Luis Milla tidak bisa berjanji untuk mempersembahkan gelar juara kepada timnas Indonesia. Oleh karena itu, PSSI lebih tertarik mendatangkan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. Sebab, Shin Tae-yong berjanji dan siap memberikan prestasi ke tim Merah Putih.

Sebelumnya, PSSI sudah melakukan pertemuan dengan Shin Tae-yong di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 19 November 2019. 10 hari kemudian giliran Luis Milla yang berhadapan dengan PSSI di Manila, Filipina.

M Iriawan pun cukup kaget mendengar pernyataan Luis Milla yang tidak berjanji mempersembahkan gelar juara. Padahal sebelumnya eks pemain Barcelona itu sudah membesut skuat Garuda selama dua tahun sejak 2017.

Memang kehadiran Luis Milla saat itu membuat permainan timnas Indonesia berbeda dari biasanya. Meski begitu, Luis Milla tetap tidak memberikan gelar juara dari event SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

“Dari hasil kemarin, Luis Milla tidak bisa menjanjikan untuk tampil terbaik menjadi juara. Kalau Shin Tae-yong siap untuk memperbaiki sepak bola Indonesia dan juara,” ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Iwan Bule sudah mengatakan kemungkinan besar memang Shin Tae-yong yang akan menjadi pelatih timnas Indonesia.

Keputusannya nanti setelah adanya rapat Komite Eksekutif PSSI di Jakarta dalam waktu dekat. “Kalau sudah oke semua, baru nanti dikontrak tapi rencananya minimal satu tahun dahulu,” kata Iwan Bule.

Bila benar menjadi pelatih timnas Indonesia, tugas pertama Shin Tae-yong adalah Piala AFF 2020. Selanjutnya, eks pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu bisa saja menjabat sebagai juru latih timnas U-20 Indonesia untuk Piala Dunia U-20 2021.

“Ya nanti bisa ke senior atau juga ke Piala Dunia U-20,” kata Iwan Bule. {tribun}