Carabao Cup, Aston Villa Bantai Liverpool 5 Gol Tanpa Balas

Liverpool dibantai Aston Villa dalam laga perempat final Carabao Cup alias Piala Liga Inggris di Stadion Villa Park, Selasa (17/12/2019) waktu setempat atau Rabu dini hari WIB.

Dikutip BolaSport.com dari BBC, Liverpool sebenarnya tampil lebih mendominasi. The Reds memimpin penguasaan bola dengan 57 persen.

Dari segi peluang, Liverpool memiliki 15 yang 8 di antaranya mengarah tepat sasaran. Adapun Aston Villa mempunyai 11 kesempatan, di mana 8 menuju ke gawang.

Mencoba menekan lebih dulu pada awal babak pertama, Aston Villa langsung membuka keran gol pada menit ke-14. Gelandang tengah Villa, Conor Hourihane, membuat tuan rumah unggul 1-0.

Eksekusi free-kick kaki kiri Hourihane dari sisi kiri luar kotak penalti Liverpool tak bisa ditepis dengan sempurna oleh kiper Caoimhin Kelleher. Aston Villa menggandakan skor menjadi 2-0 pada menit ke-17. Bek Liverpool berusia 18 tahun, Morgan Boyes, mencetak gol bunuh diri.

Boyes, yang berusaha menahan umpan silang bek kanan Villa, Ahmed El Mohamady, dengan kakinya malah membuat bola masuk ke dalam gawang sendiri.

Villa kembali menambah gol pada menit ke-37. Striker jangkung Villa yang berpostur 191 cm, Jonathan Kodija, mencatatkan namanya di papan skor.

Menerima umpan terobosan dari Jota Peleteiro, Kodija dengan mantap menyonsong bola dan melepaskan sontekan kaki kanan dari dalam kotak penalti. Tuan rumah memimpin 3-0. Jonathan Kodija membukukan gol keduanya pada menit ke-45.

Memaksimalkan operan Ahmed El Mohamady, Kodija menyambut bola dengan tembakan kaki kiri dari dalam kotak terlarang. Skor 4-0 untuk Aston Villa bertahan sampai turun minum. Memasuki babak kedua, Liverpool tetap berupaya memecahkan kebuntuan.

Namun, Aston Villa yang justru lagi-lagi menggetarkan jala gawang The Reds pada menit ke-90+2′. Menerima operan terobosan dari Trezeguet, Wesley dengan tenang meluncurkan sepakan datar kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Skor 5-0 untuk Aston Villa tetap tidak berubah hingga wasit Lee Mason meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. Keberhasilan menyingkirkan Liverpool membuat Villa melaju ke semifinal Carabao Cup 2019.

Susunan pemain Aston Villa dan Liverpool:

Aston Villa (4-3-3): 25-Orjan Nyland; 27-Ahmed El Mohamady, 3-Neil Taylor, 5-James Chester (30-Kortney Hause 77′), 15-Ezri Konsa; 14-Conor Hourihane, 6-Douglas Luiz, 8-Henri Lansbury; 23-Jota Peleteiro, 17-Trezeguet, 26-Jonathan Kodjia (9-Wesley 73′)

Liverpool (4-3-3): 62-Caoimhin Kelleher; 54-Tony Gallacher, 77-Morgan Boyes, 51-Ki Jana Hoever (93-James Norris 82′), 72-Sepp van den Berg; 68-Pedro Chirivella, 57-Isaac Christie-Davies (84-Leighton Clarkson 77′), 55-Herbie Kane; 75-Luis Longstaff (81-Jack Bearne 65′), 67-Harvey Elliott, 99-Thomas Hill

Wasit: Lee Mason {bolasport}