5 Pemain Terbaik Indonesia 2019 Versi Fox Sports Asia

Media luar negeri, Fox Sports Asia memilih lima pesepak bola terbaik Indonesia tahun 2019.

Fox Sports Asia memiliki lima pemain terbaik, dua adalah pemain Bali United. Selain itu, mereka juga memilih satu pemain timnas Indonesia yang berkiprah di luar negeri.

Lalu satu penyerang Madura United dan bintang SEA Games 2019 pun terpilih.

Berikut kelima pemain tersebut:

5. Alberto Goncalves

Alasan terpilihnya penyerang Madura United ialah perannya di timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sejak mendapatkan kewarganegaraan Indonesia, pemain yang akrab disapa Beto itu menjadi pilihan di lini depan timnas Indonesia. Beto mencetak dua gol dalam 38 menit saat Indonesia melawan Malaysia di laga perdana.

Akan tetapi setelah itu penampilannya menurun, ia hanya mencetak satu gol dalam empat laga berikutnya. Selain perannya di timnas Indonesia, Beto menjadi striker yang tajam di level klub. Ia mencetak 17 gol untuk Madura United di Liga 1 2019.

4. Yanto Basna

Yanto Basna adalah salah satu bek timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Meskipun ia telah kebobolan 16 gol dalam lima pertandingan kualifikasi, namun ia menjadi salah satu pemain pertama dalamsusunan pemain timnas Indonesia pada 2019.

Selain itu ia dinilai cukup berani bermain di Thailand, ia memperkuat Sukhothai FC pada 2019. Untuk musim 2020 ia bergabung dengan Prachuap FC.

3. Fadil Sausu

Fadil Sausu dinilai pemain yang mekar terlamat. Pada usianya yang 34 tahun, Fadil Sausu menjadi salah satu pemain penting Bali United untuk memenangkan gelar Liga 1 2019.

Kapten Bali United itu dinilai akan menjadi salah satu pemain yang bisa dijadikan opsi bagi pelatih baru timnas Indonesia untuk lini tengah. Sebelumnya, Fadil Sausu pernah memperkuat timnas Indonesia pada 2017.

2. Osvaldo Haay

Fox Sports Asia menilai 2019 adalah tahun bagi Osvaldo Haay baik di level klub atau timnas U-22 Indonesia.

Untuk level klub, ia telah membantu Persebaya berada di posisi ketiga klasemen sementara Liga 1 2019. Ia juga mencetak sembilan gol untuk Persebaya.

Selain itu, Osvaldo menjadi salah satu pemain bersinar di timnas U-22 Indonesia dalam SEA Games 2019.

Osvaldo bersama timnas U-22 Indonesia mampu melaju ke final sebelum akhirnya kalah ditangan Vietnam. Ia pun mencetak delapan gol dari tujuh laga di SEA Games 2019.

1. Ilija Spasojevic

Pemain yang akrab disapa Spaso itu mengalami tragedi pribadi yang bercampur dengan raihan prestasi pada 2019. Spaso mencetak 16 gol dari 30 laga dan mengantarkan Bali United menjuarai Liga 1 2019. Ini merupakan gelar perdana bagi Bali United.

Akan tetapi, Spaso dilanda tragedi dalam kehidupan pribadinya, sang istri Lehly Arief Spasojevic berpulang pada November lalu. Spaso telah menjadi WNI pada 2017 dan telah melakukan debut timnas Indonesia pada tahun yang sama. {bolasport}