Tekno  

Ogah Tergantung Android, Facebook Bakal Kembangkan Sistem Operasi Sendiri

Facebook dikabarkan tengah mengembangkan sistem operasi miliknya sendiri. Menurut laporan The Information, hal tersebut ditujukan untuk mengurangi ketergantungan sistem operasi Google, Android.

Dilansir dari laman The Verge, Minggu (22/12/2019), pengembangan sistem operasi milik Facebook dipimpin oleh seorang veteran Microsoft yang membuat sistem operasi Windows NT, Mark Lucovsky.

Lebih lanjut, menurut laporan sistem operasi Facebook tersebut nantinya akan mendukung headset VR Oculus dan perangkat Portal milik Facebook. Seperti diketahui, kedua perangkat tersebut masih didukung oleh Android.

Menurut salah satu kepala AR dan VR Facebook, Ficus Kirkpatrick, ada kemungkinan bahwa perangkat keras masa depan Facebook tidak perlu bergantung pada perangkat lunak Google, yang akan mengurangi atau menghapus sepenuhnya kendali yang Google miliki atas perangkat keras Facebook.

“Kami benar-benar ingin memastikan generasi berikutnya memiliki ruang untuk kami,” kata kepala perangkat keras Facebook, Andrew Bosworth.

Selain headset VR Oculus dan perangkat Portal, Facebook kabarnya tengah membuat kacamata Augmented Reality (AR) yang diberi kode nama ‘Orion’. Perangkat ini kabarnya akan dirilis pada 2023. {wartaekonomi}