Erling Haaland dan 7 Pesepakbola Yang Lakoni Debut Mengesankan

Erling Haaland

Erling Braut Haaland melakoni debut mengesankan bersama Borussia Dortmund. Wonderkid asal Norwegia itu langsung mencatatkan hattrick pada pertandingan pertamanya.

Menariknya, Haaland mencetak tiga gol tersebut hanya dalam waktu 23 menit. Hebatnya, Haaland melakoni laga debutnya dari bangku cadangan.

Pelatih Borussia Dormund, Lucien Favre baru memasukkan Haaland pada menit ke-56 atau saat Die Borussen tertinggal 1-3 dari tuan rumah Augsburg. Tak lama berselang, pada menit ke-59 Haaland sudah mencatatkan namanya di papan skor setelah menuntaskan umpan Jadon Sancho.

Sancho berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3 pada menit ke-61. Setelah itu, Erling Braut Haaland mencetak gol keduanya pada menit ke-70.

Sembilan menit kemudian, pemain berusia 19 tahun itu berhasil mencetak hattrick. Raihan tersebut juga membuat Die Borussen meraih tiga poin.

Borussia Dortmund akhirnya menang dengan skor 5-3 atas Augsburg, Sabtu (18/1/2020) di WWK Arena. Kemenangan tersebut membuat Dormund berada di urutan keempat klasemen sementara Bundesliga 2019-2020.

Erling Haaland bisa dibilang berhasil melakoni debut manis bersama Borussia Dormund. Die Borussen baru mendatangkan Erling Haaland dari RB Salzburg pada bursa transfer musim dingin 2020.

Namun, Erling Braut Haaland bukanlah satu-satu pemain yang pernah tampil mengesankan pada laga debut. Berikut ini Bola.com merangkum dari Give Me Sports, pemain yang tampilan mengesankan pada pertandingan debut.

  1. Wayne Rooney – Manchester United vs Fenerbahce pada 2004

Wayne Rooney tampil gemilang pada laga debut bersama Manchester United. Beberapa minggu setelah menandatangani kontrak bersama Setan Merah, Rooney yang kala itu baru berusia 18 tahun langsung tampil di Liga Champions menghadapi Fenerbahce.

Pada laga tersebut, Rooney mencetak tiga gol dan satu assist. Gol ketiga Rooney pada laga tersebut dicetak melalui tendangan bebas yang indah.

Tak hanya itu, Rooney membawa Manchester United menang dengan skor telak 6-2.

2. Zlatan Ibrahimovic – LA Galaxy vs Los Angeles FC pada 2018

Zlatan Ibrahimovic tampil mengesankan pada laga debut bersama LA Galaxy pada 2018. Pada laga melawan Los Angeles FC, Ibrahimovic mempersembahkan dua gol.

Pemain yang akrab disapa Ibra itu melakoni laga dari bangku cadangan. Bomber asal Swedia tersebut baru masuk pada menit ke-70 saat La Galaxy tertinggal 1-3 dari Los Angeles FC.

Masuknya Ibrahimovic menginspirasi LA Galaxy untuk membalikkan keadaan dan menang 4-3. Gol pertama Ibra juga dicetak dari jarak yang cukup jauh.

3. Christian Vieri – Inter Milan vs Verona pada 1999

Inter Milan mendatangkan Christian Vieri dari Lazio dengan biaya yang tak sedikit. Bahkan, kedatangan Vieri sampai membuat rekor transfer dunia.

Kala itu, La Beneamata harus menggelontorkan 32 juta pounds untuk memboyongnya ke Giuseppe Meazza. Namun, harga tersebut tak menjadi masalah setelah melihat laga debut Christian Vieri.

Pemain asal Italia itu langsung mencetak hattrick pada pertandingan pertamanya bersama Inter Milan kala meladeni Verona. Selama berkostum Nerazzuri, Vieri total mencatatkan 190 penampilan dengan menyumbang 123 gol dan lima assist.

4. Romario – Barcelona vs Real Sociedad pada 1993

Barcelona memboyong Romario dari klub Eredivisie, PSV Eindhoven, pada 1993. Seperti halnya Erling Haaland dan Christian Vieri, Romario langsung mencetak hattrick pada laga pertamanya. Raihan tersebut ia catatkan saat Barcelona bersua Real Sociedad.

Pada akhir musim, Romario total mengemas 30 gol dari 33 penampilan di La Liga. Tak hanya itu, Romario berhasil mengantarkan Barcelona menjadi jawara kasta tertinggi di Liga Spanyol.

5. Sergio Aguero – Manchester City vs Swansea pada 2011

Manchester City menggaet Sergio Aguero dari Atletico Madrid pada 2011. Pada laga debutnya, Aguero masuk sebagai pemain pengganti.

Pemain berpaspor Argentina itu masuk pada menit ke-59. Hanya berselang 10 menit, Aguero berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Tak hanya itu, Aguero mencetak satu assist untuk gol David Silva. Pada laga perdana tersebut, Aguero sukses membawa The Citizens meraih kemenangan dengan skor mencolok 4-0.

6. Gianluigi Buffon – Parma vs AC Milan pada 1995

Laga debut Gianluigi Buffon berbeda dengan pemain lain di atas. Buffon tak mencetak gol pada pertandingan pertamanya bersama Parma.

Di usianya yang baru menginjak 17 tahun, Buffon tampil memukau saat Parma bersua AC Milan. Kiper asal Italia itu melakukan banyak penyelamatan luar biasa dan menjaga gawangnya tak kebobolan.

Laga debut tersebut tentunya sangat mengesankan karena lawan yang dihadapi AC Milan, satu di antara klub besar dan perkasa di Serie A kala itu.

Bahkan, aksi Buffon pada laga perdanya tersebut langsung mendapat pujian legenda kiper legendaris Italia, Dino Zoff.

“Saya belum pernah melihat debut seperti itu untuk kepribadian dan kualitas yang ia tunjukkan,” ujar Dino Zoff.

Kala itu, Buffon melakukan penyelamatan gemilang saat menggagalkan peluang dua pemain AC Milan, George Weah dan Roberto Baggio.

7. Zinedine Zidane – Prancis vs Republik Ceko pada 1994

Debut manis Zinedine Zidane terjadi bukan bersama klub, melainkan bersama Timnas Prancis. Zidane menjalani laga internasional pertamanya saat Timnas Prancis bersua Republik Ceko pada pertandingan persahabatan di Stade Nouveau, Bordeaux.

Pelatih Prancis kala itu, Aime Jacquet baru memasukkan Zidane pada babak kedua saat tertinggal 0-2 dari Republik Ceko. Masuknya Zidane membuat permainan Prancis menjadi lebih hidup.

Zidane akhirnya mampu memperkecil ketinggalan pada menit ke-85. Dua menit berselang, Zidane berhasil menyamakan kedudukan melalui sundulan.

Meski laga berakhir imbang 2-2, Zidane bisa dibilang menjalani laga perdananya dengan indah. {bola}