Politisi PDIP Pimpin Panja Jiwasraya

Politikus PDIP Aria Bima

Komisi VI DPR mengumumkan nama-nama anggota yang masuk ke dalam panitia kerja (panja) Asiranso Jiwasraya. Panja Jiwasraya tersebut dipimpin oleh Politikus PDIP Aria Bima.

Sementara itu fraksi Partai Demokrat diketahui belum menyetorkan nama ke dalam panja tersebut. “Kita masih menunggu nama-nama dari fraksi Partai Demokrat,” kata Wakil Ketua Komisi VI Martin Manurung, Selasa (21/1).

Martin mengatakan alasan Partai Demokrat belum menyerahkan nama lantaran Partai Demokrat masih harus menunggu sikap fraksi terkait siapa saja nama yang diajukan, atau masih menunggu yang lain.

Kendati demikian meskipun Demokrat tidak ikut dalam keanggotaan panja Jiwasraya, Panja tetap akan bekerja. “Kami tidak harus menunggu lengkap baru panja bekerja,” ucap politikus Nasdem itu.

Berbeda dengan Demokrat, PKS justru tetap mengirimkan anggotanya di panja Jiwasraya yang dibentuk  komisi VI. Meskipun PKS tetap akan mengusulkan pembentukan panitia khusus (pansus).

“Ranah komisi VI itu secara langsung bisa membentuk panja. Pansus itu bukan ranah kewenangan komisi VI, tapi dari fraksi-fraksi. Jadi kalau memang fraksi-fraksi khususnya, Demokrat, PKS atau manapun ingin membuat pansus bukan di area komisi 6 ini. Itu silakan, ada prosesnya, ada tatibnya,” jelasnya.

Selain membentuk panja Jiwasraya, komisi VI juga membentuk dua panja lain. Dua panja tersebut antara lain Panja BUMN Energi, dan Panja Perdagangan Komoditas Ekspor. Berikut daftar nama anggota panja Jiwasraya yang dibentuk komisi VI;

Ketua: Aria Bima (PDIP)
Sekretaris: Mohamad Hekal (Gerindra)

PDIP
1. Gilang Dhielafararez
2. Darmadi Durianto
3. Rieke Diah Pitaloka
4. ST. Ananta Wahana
5. Sonny T. Danaparamita
6. Deddy Yevri Hanteru Sitorus

Golkar
1. Mukhtaruddin
2. Idris Laena
3. Singgih Januratmoko
4. Doni Akbar
5. Gde Sumarjaya Linggih

Gerindra
1. Khilmi
2. Andre Rosiade
3. Hendrik Lewerissa

Nasdem
1. Martin Manurung
2. Nyat Kadir
3. Zuristyo Firmadata

PKB
1. Faisol Riza
2. Nashim Khan
3. Siti Mukaromah
4. Mohammad Toha

PKS
1. Amin AK
2. Nevi Zuairina

PAN
1. Nasril Bahar
2. Daeng Muhammad

PPP
1. Achmad Baidowi

{republika}