Virus Corona Mewabah, Ini Doa Agar Terhindar dari Berbagai Penyakit

Virus corona atau novel coronavirus (2019-nCov) telah menjadi wabah penyakit berbahaya yang menimbulkan kekhawatiran masyarakat secara global.

Berbagai upaya untuk mencegah penularan virus corona telah dilakukan masyarakat. Mulai dari memakai masker, menjaga tubuh tetap bersih, hingga mengurangi kegiatan di luar ruangan.

Bagi umat Muslim, upaya pencegahan agar terhindar dari wabah penyakit seperti virus corona ini juga dapat dilakukan dengan memanjatkan doa. Terdapat beberapa doa yang bisa diucapkan agar terhindar dari penyakit.

Dilansir dari Suara.com, Minggu (22/9/2019), Nabi Muhammad SAW mengajarkan doa agar terhindar dari penyakit berbahaya ataupun penyakit yang membinasakan.

Amalan doa ini dibaca setiap hari dengan rutin dan atas izin Allah SWT dapat terhindar dari penyakit berbahaya. Berikut doanya:

Dari Anas RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, ucapkanlah:
Allahumma innii a’uudzu Bika Minal Baroshi wal Junuuni wal Judzaami wa min Sayyi-il Asqoom.

Artinya:
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kulit, gila, lepra, dan dari penyakit yang jelek lainnya. (HR. Abu Daud, Imam Ahmad)

Doa untuk Kesembuhan Penyakit Diri Sendiri
Selain doa itu, Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan satu doa untuk kesembuhan dari penyakit yang ada pada diri sendiri. Doa ini terdapat dalam hadits riwayat Imam Muslim.

Dikutip dari situs resmi Nahdlatul Ulama (NU), NU Online, Rasulullah SAW mengajarkan doa yang dapat dibaca oleh mereka yang merasakan nyeri sambil memegang bagian tertentu pada tubuhnya yang sakit. Berikut doanya:

Bismillah, (dibaca 3 kali)
Artinya, “Dengan menyebut nama Allah.”

A‘dzu billhi wa qudratih min syarri m ajidu wa uhdziru, (dibaca 7 kali).
Artinya, “Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan.”

Doa untuk Kesembuhan Orang yang Sakit
Selain berdoa untuk diri sendiri. Alangkah baiknya, jika kita juga mendoakan untuk kesembuhan orang yang sedang sakit.

Saat Nabi Muhammad SAW menjenguk sahabatnya yang sakit, beliau melafalkan doa berikut ni.

Allhumma rabban nsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syfi. L syfiya ill anta syif’an l yughdiru saqaman.

Artinya, “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

Suara.com mengutip dari NU Online, dalam riwayat lain, Rasulullah SAW membaca doa ini ketika meruqyah salah seorang sahabat.

Imsahil ba’sa rabban nsi. Bi yadikas syif’u. L ksyifa lah ill anta.

Artinya, “Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).