News  

Viral Banyak Ranjau Paku di Tol Bandara Soetta, Ini Faktanya

Ranjau Paku di Tol Bandara Soetta Viral

Media sosial WhatsApp digegerkan dengan pesan singkat menyebut adanya ranjau paku di Jalan Tol Prof. DR. Ir. Soedijatmo layang tepatnya di Km 25+200 arah Pluit atau Tol Bandara Soekarno Hatta arah Pluit.

Pesan berantai itu mengatakan beberapa mobil yang melintas di sana bannya bocor akibat hal tersebut.

“Waspadalah Hati-2 dari Tol Bandara Cengkareng Dari Arah Pluit; Ada Ranjau Paku; Tlh 16 (Enam Belas) Mobil Yg Tlh Terlihat Ban-2 nya Bocor; Malah ada 2 (Dua) s/d 3 (Tiga) Ban Yg bocor/ Unit Mobil Yg Korban.”

“Tolong Diterus kan Kpd Ybs. Agar Pihak Manajemen Jasa Marga Mampu Mengambil Tindakan Yg Cepat & Tepat; Kasihan Kpd Si Korban; Lg hujan-2an. Tks.”

Terkait hal ini, pihak kepolisian membantahnya. Kepala Induk 5 Patroli Jalan Raya Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Polisi Mulyono mengatakan kalau penyebabnya adalah jalan berlubang yang tergenang air, bukan karena ranjau paku.

“Yang kami temukan adalah jalan yang berlubang dan tergenang air, sehingga orang yang lewat situ menghantam lubang ini. Lubang sedalam 6-7 cm tapi bentuknya miring dan dan kita lihat ada pecahan batu-batu tajam itu,” kata dia saat dikonfirmasi wartawan, Selasa 4 Februari 2020 dilansir dari VIVAnews.

Manager Area Jasamarga Tollroad Operator sebagai pengelola Ruas Jalan Tol Dalam Kota dan Jalan Tol Prof. DR. Ir. Soedijatmo menambahkan kejadian pecah ban beberapa mobil di sana disebabkan lantaran adanya pengelupasan perkerasan aspal jalan.

Hal itu terjadi pada lajur ramp dari arah PIK menuju Pluit di Km. 25+200 B Jalan Tol Prof. DR. Ir. Soedijatmo layang akibat curah hujan yang tinggi. Akibat kejadian tersebut terdapat tujuh kendaraan yang mengalami pecah ban.

“Ada sekitar tujuh kendaraan yang mengalami pecah ban di lokasi tersebut, bukan 16 kendaraan sebagaimana yang disebutkan dalam informasi di Whatsapp. Dari tujuh kendaraan tersebut, ada satu kendaraan yang mengalami pecah dua ban sekaligus,” kata Agus.

Menurut dia, Jasamarga Metropolitan Tollroad selaku pengelola Jalan Tol Prof. DR. Ir. Soedijatmo bersama Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM) penyedia jasa pemeliharaan jalan untuk ruas tersebut telah melakukan perbaikan pada lokasi pengelupasan aspal dan melakukan pembersihan sejak kemarin.

Penyisiran terhadap kerusakan serupa telah dilakukan sepanjang jalan tol itu, sehingga dipastikan lajur Jalan Tol Prof. DR. Ir. Soedijatmo dapat dilintasi dengan aman kembali. Ia menyebut saat ini lokasi lubang sudah tertutup, lalulintas normal kembali.

“Kami langsung berkoordinasi dengan JMTM untuk melakukan perbaikan, jam 17.30 WIB telah dilakukan perbaikan dan saat ini kondisi normal kembali,” ujar Agus lagi. {viva}