Bentuk Pansus Jiwasraya, Demokrat Bakal Lobi Fraksi Lain

Benny K Harman

Anggota fraksi Partai Demokrat Benny Kabur Harman memastikan bakal melobi fraksi lain untuk ikut mendukung usulan pembentukan panitia khusus (pansus) hak angket Jiwasraya. Hal tersebut mengingat diusulkannya pansus hak angket oleh fraksi Partai Demokrat dan PKS pada Selasa (4/2) kemarin.

“Ya pasti itu (melobi fraksi lain),” kata Benny di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/2).

Kendati demikian, ia belum mau mengungkapkan fraksi mana yang akan dilobi oleh Fraksi Partai Demokrat. Demokrat masih menunggu usulan pembentukan pansus tersebut dibawa ke rapat bamus.

“Bamus tujuannya untuk membuat agenda kapan saatnya usulan angket itu dibawa ke paripurna. Syarat administratif sudah terpenuhi, yaitu 25 anggota dan lebih dari satu fraksi. Alasan sudah jelas, maksud dan tujuan juga jelas, objek penyelidikannya juga sudah jelas,” ungkapnya.

Sebelumnya Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Fraksi Partai Demokrat menyerahkan usulan pembentukan panitia khusus (pansus) Jiwasraya ke pimpinan DPR.

Ketua fraksi PKS Jazuli Juwaini mengatakan sebanyak 50 anggota fraksi PKS telah menandatangani usulan pembentukan pansus hak angket.

Sementara itu anggota fraksi Partai Demokrat Herman Khaeron mengatakan sebanyak 54 anggota fraksi Partai Demokrat juga telah tandatangani usulan pansus hak angket. {republika}