Wabah Corona, Seri F1 dan MotoGP di Asia Tenggara Tetap Sesuai Jadwal

Ditengah merebaknya wabah virus corona, dua negara Asia Tenggara dipastikan akan menggelar dua ajang balap megah di dunia sesuai jadwal.

Dua negara Asia Tenggara, Vietnam dan Thailand, akan menjadi tuan rumah bagi dua ajang balap paling bergengsi di dunia F1 dan MotoGP pada tahun ini.

Berbeda dengan musim sebelumnya, gelaran GP Thailand akan menjadi seri kedua dalam kalender balap MotoGP 2020.

Balapan GP Thailand di Chang International Circuit, Buriram, Thailand tersebut akan diselenggarakan pada 22 Maret 2020 mendatang.

Seperti yang diberitakan BolaSport.com sebelumnya, Dorna Sports, selaku pihak penyelenggara MotoGP was-was menggelar seri tersebut sesuai jadwal.

Hal itu lantaran adanya wabah virus corona yang masih merebak di negara-negara Asia khusunya yang berbekatan dengan China.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, lebih memilih untuk menunggu informasi dari pihak otoritas Negeri Gajah Putih tersebut sebelum mengambil sebuah keputusan.

Namun kini, Dorna tetap menggelar ajang tersebut sesuai jadwal semula yakni pada 20-22 Maret mendatang lantaran sudah ada jaminan dari Departemen Kesehatan Masyarakat dan Departemen Pengendalian Penyakit.

“Kami sudah menerima sebuah surat dari pemerintah Thailand yang berisi sebuah jaminan bahwa kondisi di sana aman untuk menggelar Grand Prix,” kata Carmelo Ezpeleta, dilansir BolaSport.com dari Marca.

Selain Thailand, Vietnam yang pada musim ini resmi masuk dalam kalender balap F1 2020 juga sebelumnya terancam tidak bisa menggelar balapan sesuai jadwal.

Hal itu menyusul beberapa kasus akibat virus corona serta letak geografis Vietnam yang berdekatan dengan China, tempat di mana wabah ini bermula.

Dilansir dari Crash.net, F1 melalui Managing Director, Ross Brawn sudah memberikan lampu hijau kepada Vietnam untuk menggelar balapan tersebut sesuai jadwal.

“Untuk Vietnam, semua umpan balik yang kami dapatkan seperti Inggris, memang ada beberapa kasus tetapi bukan tingkat yang akan menjadi perhatian kami,” kata Ross Brawn.

“Saran yang kami dapatkan adalah bahwa balapan itu bisa berlangsung di sana sesuai jadwal,” tutur Brawn menjelaskan.

Formula 1 GP Vietnam 2020 akan menjadi seri ketiga pada musim ini dan menurut jadwal, balapan yang akan berlangsung pada 3-5 April di Sirkuit Jalanan Hanoi.

Untuk kasus virus corona ini, F1 telah mengambil langkah tegas di mana mereka resmi membatalkan seri F1 China 2020 yang seharusnya akan berlangsung pada 19 April dan memilih untuk melakukan penjadwalan ulang. {bolasport}