Tekno  

Tokopedia START Summit, Upaya Kembangkan Ekosistem Talenta Digital

Tokopedia menggelar konferensi teknologi untuk kali pertamanya yakni Tokopedia START Summit 2020 yang berlangsung di The Kasablanka Hall Jakarta, Sabtu (22/2/2020).

Co-Founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya menuturkan, event ini merupakan ajang berbagi pengalaman bagi talenta atau pegiat digital Tokopedia yang berinovasi untuk masyarakat dalam satu dekade perusahaan. Dalam hal ini mulai dari startup, perusahaan, komunitas hingga media.

Dirinya melanjutkan, melalui START Summit ini pihaknya ingin berbagi pengalaman dalam mengembangkan teknologi yang tentunya dapat menjadi referensi bagi perusahaan lain.

“Tokopedia START Summit sangat cocok untuk mereka yang memiliki rencana melakukan transformasi digital untuk dapat menyiapkan fondasi yang lebih baik,” kata William.

“Maka dari itu disini kami bagikan pengalaman kepada mereka yang ingin memulai startup atau sedang melakukan transformasi digital agar mampu mengambil pembelajaran dari kesalahan yang pernah kami lakukan. Jadi, kesalahan tersebut tidak perlu dilakukan oleh mereka,” lanjutnya.

Pada ajang Tokopedia START Summit 2020 ini, banyak menyuguhkan beragam topik di bidang TI seperti Tokopedia Technology Evolution, Future Technology Forecast, Core Engineering, Infrastructure and Productivity, dan data.

Tak hanya sampai disitu, selain wawasan inovasi, peserta juga dapat berdiskusi antara pelaku industri, komunitas dan Tim Engineering Tokopedia di ‘Leaders Circle’ yang tersedia secara gratis di area pameran.

Ajang Tokopedia START Summit 2020 juga didukung oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi (Kemenristek) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo).

Menteri Riset dan Teknologi yang juga Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang P. S. Brodjonegoro memastikan dukungannya terhadap acara-acara serupa seperti Tokopedia START Summit.

“Kami mendukung penuh inovasi dan inisiasi dari berbagai pihak dalam memajukan talenta digital Indonesia, termasuk kegiatan START Summit yang dihadirkan oleh Tokopedia,” ungkapnya.

“Hal ini sejalan dengan usaha pemerintah dalam mendorong perkembangan talenta digital guna memenuhi kebutuhan industri 4.0 di Indonesia,” jelas Bambang.

Untuk mewujudkan pertumbuhan talenta digital dibutuhkan kolaborasi strategis dengan berbagai pihak, seperti pelaku bisnis, pemerintah, institusi pendidikan dan komunitas.

Tokopedia START Summit 2020 ini merupakan salah satu bentuk upaya Tokopedia untuk membentuk ekosistem yang kolaboratif agar mampu membangun industri teknologi Indonesia yang semakin berkembang.

Tokopedia START Summit 2020 juga merupakan bagian dari Tokopedia Academy, wadah bagi para talenta digital Indonesia untuk belajar mengenai beragam topik TI dan mengembangkan talenta. {wartaekonomi}