Osvaldo dan Evan Dimas Bawa Persija Taklukkan Borneo FC 3-2

Persija Jakarta meraih kemenangan 3-2 atas Borneo FC dalam laga pekan perdana Liga 1 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (1/3) sore WIB.

Tim tamu tampil mendominasi permainan pada awal laga. Melihat situasi yang tidak menguntungkan, pelatih Persija Sergio Farias melakukan pergantian pemain dengan menarik Sandi Sute dan memasukkan Evan Dimas pada menit ke-20.

Hanya berselang satu menit setelah Evan masuk, Persija mampu membukukan gol. Bermula dari Evan yang memberi umpan kepada Riko Simanjuntak, winger Persija itu kemudian melepaskan bola ke kanan kepada Marco Motta. Mantan pemain Juventus itu lantas mengirim umpan ke mulut gawang.

Bola ditepis Gianluca Pandeynuwu sehingga bola menjauh dari jangkauan Marko Simic, namun Osvaldo Haay berada di tempat yang tepat untuk menendang bola masuk ke gawang Borneo.

Berselang tiga menit dari gol pembuka, Osvaldo kembali membuat bola bersarang di gawang Borneo. Kali ini asisten wasit mengangkat bendera tanda offside.

Persija melanjutkan permainan yang agresif. Gol kedua baru benar-benar terjadi pada menit ke-36. Simic melakukan penyelesaian mudah dengan kaki kiri untuk menuntaskan umpan Riko. Skor menjadi 2-0.

Tanpa gol pada sisa laga babak pertama, awal paruh kedua berlangsung tanpa tekanan berarti dari kedua kesebelasan.

Macan Kemayoran kemudian meningkatkan intensitas serangan secara perlahan, namun penyelesaian akhir dari anak asuh Sergio Farias yang tidak sempurna membuat Persija gagal menambah gol.

Justru Borneo yang bisa mencetak gol untuk memperkecil keunggulan Persija. Umpan silang dari Dedi Hartono di sisi kanan tidak disia-siakan Francisco Torres pada menit ke-71.

Tim Pesut Etam kemudian beberapa kali memiliki kans menyamakan kedudukan, namun Andritany Ardhiyasa masih cukup tangguh mengamankan gawang.

Memasuki menit ke-86 sebuah serangan balik Persija dituntaskan dengan baik oleh Evan. Setelah menyambut umpan terobosan Riko, Evan menggiring bola dan melepaskan tembakan ke sudut sempit gawang Borneo.

Pada waktu tambahan, sebuah tembakan Terens Puhiri disundul masuk ke gawang Persija oleh Ryuji Utomo. Skor akhir Persija memimpin 3-2.

Sementara di pertandingan lain, Persipura Jayapura meraih kemenangan 2-0 atas PSIS Semarang dalam laga yang berlangsung di Stadion Klabat, Manado.

Tim Mutiara Hitam memastikan kemenangan melalui gol pemain senior Boaz Solossa pada menit ke-55 dan talenta belia Gunansar Mandowen dua menit jelang waktu normal usai.

Susunan pemain inti Persija Jakarta:
Andritany Ardhiyasa; Ryuji Utomo, Maman Abdurahman, Marco Motta, Rezaldi Hehanussa; Sandi Sute, Rohit Chand, Riko Simanjuntak, Osvaldo Haay, Marc Klok; Marko Simic

Susunan pemain inti Borneo FC:
Gianluca Pandeynuwu; Diego Michiels, Andika Kurniawan, Javlon Guseynov, Kevin Gomes; Sultan Samma, Nuriddin Davronov, Wahyudi Setiawan; Guy Junior, Torres, Diogo Campos {CNN}