PKS: Tak Bisa Parsial, Corona Harus Ditangani Secara Nasional

Pemerintah daerah telah mengambil kebijakan masing-masing terkait penanganan wabah virus corona (Caovid-19).

Anggota Komisi II DPR Mardani Ali Sera mengatakan, penanganan virus corona tidak bisa diselesaikan secara parsial. Pemerintah pusat dan daerah harus bersinergi menangani wabah virus mematikan tersebut.

“Begini, pandemik ini tidak bisa diselesaikan secara parsial. Covid 19 ini, sudah ditetapkan WHO sebagai pandemik. Data WHO itu, dalam 100 hari sudah menyebar ke 120 negara,” ujar Mardani saat ditemui di acara malam penganugerahan politisi, di Hotel Kempinski Jakarta, Senin (16/3).

Menurutnya, tidak masalah setiap daerah memiliki kebijakannya sendiri dalam penanganan virus corona. Maka, untuk melokalisir adanya penyebaran virus corona sulit untuk terwujud.

“Jadi kalau Gubernur DKI punya kebijakan sendiri, Jabar sendiri, Jateng sendiri, katakan Malang beda dengan Jogja, Jogja beda dengan Brebes segala macem. Maka, niat untuk melokalisir menjadi tidak terwujud,” sebut politisi PKS ini.

Mardani memberikan contoh penanganan virus secara nasional saat pemerintah melakukan penanganan polio, dengan menggerakkan imunisasi massal maka wabah polio tidak akan tersebar.

“Kayak kita dulu pernah punya polio kalau semua tidak dilakukan, apa namanya imunisasi gitu ya, satu saja kena bisa nyebar ke yang lain. Jadi saya tetap meminta, pemerintah pusat mengambil tanggung jawab, untuk kasus pandemik yang sifatnya global dalam skala nasional,” tutupnya. {rmol}