News  

Gunung Merapi Meletus Lagi, Hujan Abu Turun Tipis di Selo Boyolali

Gunung Merapi mengalami erupsi lagi pada Sabtu (28/3/2020), pukul 19.25 WIB. Diketahui, dampak dari letusan sudah ada hujan abu yang turun tipis di kawasan Kecamatan Selo, Boyolali.

Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kecamatan Selo atau Jaringan Informasi Linkar Merapi (Jalin Merapi) Muji mengatakan, kondisi Kabupaten Boyolali cenderung masih aman.

“Boyolali aman, hanya saja terjadi sedikit hujan abu di Dukuh Setabelan Desa Tlogolele,Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali,” ujar Muji, Sabtu (28/3/2020)

Muji mengatakan, warga masih melakukan aktivitasnya seperti biasa sampai saat ini. “Warga tenang, tidak ada kepanikan,” ucap Muji.

Muji meminta masyarakat di sekitar Gunung Merapi tetap tenang dan jangan panik. “Masyarakat tidak perlu panik, dan jangan terpancing terhadap isu-isu dari tidak jelas dari sumbernya,” minta Muji.

Diketahui, Merapi sudah mengalami erupsi sebanyak 4 kali dalam sehari. Tercatat di seismogram dengan kekuatan amplitudo 75 mm dan durasi 243 detik.

Erupsi Merapi teramati menjulang tinggi setinggi 3.000 m. Tercatat, arah angin saat erupsi ke barat, sehingga hujan abu mengguyur wilayah barat Merapi. [TribunSolo]