Tekno  

Masuki Era New Normal, Instagram Siapkan Program Kesehatan Mental

Media sosial Instagram merilis kampanye dan sejumlah fitur untuk melindungi kesehatan mental penggunanya saat pandemi Virus Corona COVID-19 seperti sekarang, atau memasuki era new normal.

Tantangan yang dihadapi adalah menjaga kesehatan pikiran akibat stres lantaran ada perasaan kesepian, terisolasi, dan interaksi negatif di dunia maya.

Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik, Putri Silalahi, ingin memastikan pengguna Instagram di Indonesia terutama yang berusia muda untuk mendapatkan pengalaman positif dan bermakna saat menggunakan platformnya.

Instagram merilis kampanye Realtalk serta sejumlah fitur untuk mendukung tujuan tersebut.

“Lewat kampanye Realtalk kami ingin membantu. Kami ingin menghubungkan pengguna Instagram dengan konten-konten dari pakar, organisasi dan komunitas yang selama ini sudah bekerja keras dalam memerangi isu ini, bahkan sebelum COVID-19,” kata Putri, Selasa, 19 Mei 2020.

Dalam kampanye ini Instagram bekerja sama dengan komunitas Anti-Bullying ‘Sudah Dong’, Aplikasi Kesehatan Mental Riliv, dan artis Ariel Tatum.

Lewat Realtalk, diharapkan anak muda bisa tampil berani menjadi dirinya sendiri sehingga bisa bangkit dari bullying dan tidak malu untuk mencari bantuan profesional, jika membutuhkannya.

Bersama Sudah Dong, Instagram akan meluncurkan booklet anti-bullying bernama #RealTalk. Booklet ini bisa diakses laman Sudah Dong dan dirancang sebagai sumber informasi untuk membantu anak muda membangun interaksi positif baik online dan offline.

Instagram, Riliv, dan Ariel Tatum akan mematahkan stigma negatif soal kesehatan mental di kalangan masyarakat Indonesia. Akan ada lima seri video Instagram TV (IGTV) yang membahas seputar kesehatan mental.

“Kami juga meluncurkan beberapa fitur control untuk comment untuk membantu menciptakan interaksi yang lebih positif lagi di Instagram,” ujar Putri.

Fitur pertama adalah Manage Comments yaitu membantu pengguna untuk menghapus komentar negatif, memblokir maupun membatas hingga 25 akun sekaligus. Pengguna bisa menggunakan fitur dengan menekan ikon tiga titik yang ada di sebelah kanan atas.

Adapula Pin Your Favorite Comment yang akan diujicoba Instagram memungkinkan pengguna untuk menyematkan komentar positif di bagian paling atas. Komentar positif yang berada di bagian atas diharapakan dapat mendorong terciptanya interaksi positif dalam sebuah postingan.

Terakhir ada Tag and Mention Controls, yaitu memungkinkan pengguna mengatur siapa saja orang yang bisa melakukan tag maupun menyebut mereka di Instagram.

“Nah kami berharap peluncuran dan kampanye hari ini bisa membantu membawa dampak yang lebih besar lagi untuk misi yang dimiliki Riliv, Sudah Dong, dan Ariel Tatum secara online dan offline,” jelas Putri. {viva}