Politik

Golkar Final Dukung Anak dan Mantu Jokowi di Pilkada 2020

0

Partai Golkar menegaskan dukungan mereka kepada anak dan mantu Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution, di Pilkada Serentak 2020.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Golkar Maman Abdurrahman menyebut partainya sudah pasti mendukung dua sosok itu sebagai calon wali kota Solo dan Medan.

“Dukungan kepada Bobby dan Gibran sudah final karena berdasarkan hasil survei berpotensi menang dan trennya naik terus. Di sisi lain, aspirasi dari pengurus daerah,” kata Maman kepada wartawan, Selasa (16/6).

Maman berkata Golkar memang memprioritaskan untuk mengusung kader di Pilkada 2020. Namun mereka tak menutup kemungkinan mengusung calon potensial, seperti Gibran dan Bobby.

Dia menyampaikan Golkar masih memantau situasi untuk menjalin koalisi guna mendukung Bobby dan Gibran. Namun dia bilang, siapapun koalisinya, Golkar tetap akan memberi dukungan.

Maman memahami PDIP belum menentukan sikap di Solo, meski Gibran sudah berstatus kader. Dia bilang kondisi itu tak memengaruhi sikap politik Golkar.

“Kita serahkan saja kepada internal PDIP, namun dari jauh-jauh hari Golkar sudah mendukung Mas Gibran,” ucapnya.

Sebelumnya, dua kerabat Presiden Joko Widodo diisukan maju dalam Pilkada Serentak 2020. Gibran Rakabuming Raka dikaitkan dengan pilwakot Solo, sedangkan Bobby Nasution dengan pilwalkot Medan.

Keduanya sudah melakukan safari politik ke berbagai partai. Bahkan keduanya sudah resmi menjadi kader PDIP pada awal 2020.

Pada Pilwalkot Solo, ada dua nama bakal calon yang mengemuka di internal PDIP, yakni Gibran dan Achmad Purnomo.

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengatakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan nama cawalkot Solo yang akan diusung pada Juli 2020 mendatang.

Sementara pada Pilwalkot Medan, sejumlah partai telah bertemu dengan Bobby terkait pencalonannya di pilkada 2020. Bobby tercatat telah mendapat isyarat dukungan dari Golkar, PKS, Nasdem, dan Gerindra. Namun hingga saat ini belum ada deklarasi resmi pencalonan Bobby.

Pilkada Serentak 2020 akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang setelah disepakati diundur karena pandemi virus corona. Sementara tahapan untuk pencalonan baru dibuka pada 4 September mendatang. {CNN}

Kinerja Menhan Dipertanyakan, Gerindra: Prabowo Baru 6 Bulan

Previous article

RUU HIP Salah Kaprah, PKB: Perlu Koreksi dan Revisi Total

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *