AHY: Partai Demokrat Tak Mau Mainkan Politik Identitas

Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan partainya menolak politik identitas. AHY menyatakan sikap partainya berada di tengah-tengah.

“Partai Demokrat tidak mau memainkan politik identitas. Partai Demokrat di tengah, tidak ekstrem kiri dan kanan,” Agama dan Pancasila Merawat Keindonesiaan: Bedah Tuntas RUU HIP”, Jumat (26/6/2020).

“Karena itu saat ada yang memainkan politik identitas, kita konsisten tidak tergoda dan tetap berada di tengah, menjaga keseimbangan,” tegas AHY dalam seminar daring bertajuk,” sebutnya lagi.

Menurut AHY, Indonesia dianugerahi keberagaman. Meski begitu, lanjut AHY, perbedaan yang hidup di Tanah Air pada akhirnya menjadi kesatuan, karena adanya Pancasila sebagai perekat.

“Partai Demokrat berpandangan bahwa Pancasila adalah titik temu ideologi dan cara pandang kebangsaan yang beragam di tengah masyarakat Indonesia yang majemuk, bahkan super majemuk, tetapi kita bersatu dan kokoh sampai hari ini. Kekuatan persatuan ini harus diperjuangkan dan rawat,” ucap AHY. {beritasatu}