Hasil F1 GP Hungaria 2020, Hamilton Jadi Yang Tercepat di Hungaroring

Formula One (F1) GP Hungaria 2020 berlangsung di Sirkuit Hungaroring, Minggu (19/7/2020) malam WIB. Balapan seri ketiga musim 2020 itu berjalan dengan sengit dan seru sejak awal.

Meski begitu, pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton, menjadi yang terbaik dengan finis di posisi pertama.

Hamilton pantas menjadi pemenang karena tampil apik pada balapan tersebut. The Boss -julukan Hamilton- memaksimalkan pole position yang ia dapat dari kualifikasi. Sakadar informasi, pole position itu merupakan torehan ke-90 Hamilton sepanjang kariernya di F1.

Hamilton tidak menyia-nyiakan pole position ke-90 tersebut. Pembalap berpaspor Inggris itu memacu mobilnya sehingga tercipta jarak yang cukup jauh dengan para pembalap lain di belakangnya.

Lance Stroll (Racing Point) yang berada di posisi kedua berusaha mengejar Hamilton. Akan tetapi, usaha Stroll tidak maksimal karena ia pun harus bertarung dengan Max Verstappen (Red Bull Racing) yang ada di posisi ketiga.

Seiring jumlah lap yang bertambah, komposisi para pembalap di belakang Hamilton berubah. Verstappen mampu naik ke posisi kedua, sedangkan rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas, kini berada di tempat ketiga.

Bottas yang pada awal balapan sempat tercecer ke belakang, bisa memulihkan posisinya dengan sangat baik. Pembalap berpaspor Finlandia itu pun terlibat pertarungan sengit dengan Verstappen untuk memperebutkan posisi kedua.

Usaha Bottas sayangnya tidak berbuah manis, karena Verstappen mampu mengatasi tekanan darinya dengan cukup baik. Bottas akhirnya harus rela finis di posisi ketiga di belakang Verstappen. Sementara itu, kemenangan menjadi milik Hamilton.

Kemenangan membuat Hamilton menyamai rekor legenda hidup F1, Michael Schumacher, sebagai pembalap dengan kemenangan terbanyak di satu sirkuit.

The Boss delapan kali menjadi pemenang di Sirkuit Hungaroring. Sementara itu, Schumacher meraih delapan kemenangan Sirkuit Magny-Cours, Prancis.

Ketika Hamilton meraih kemenangan dan mencatatkan rekor, duo pembalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc, justru mendapatkan hasil kurang bagus. Vettel finis di posisi keenam, sedangkan Leclerc berada lima posisi di bawahnya.

Berikut hasil lengkap F1 GP Hungaria 2020:

1. Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team 70 laps

2. Max Verstappen NED Aston Martin Red Bull Racing + 8.702

3. Valtteri Bottas FIN Mercedes AMG Petronas Formula One Team + 9.452

4. Lance Stroll CAN BWT Racing Point F1 Team + 57.579

5. Alexander Albon THA Aston Martin Red Bull Racing + 78.287

6. Sebastian Vettel GER Scuderia Ferrari Mission Winnow + 1 lap

7. Sergio Perez MEX BWT Racing Point F1 Team + 1 lap

8. Daniel Ricciardo AUS Renault F1 Team + 1 lap

9. Kevin Magnussen DEN Haas F1 Team +1 lap

10. Carlos Sainz ESP McLaren F1 Team +1 lap

11. Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari Mission Winnow + 1 lap

12. Daniil Kvyat RUS Scuderia AlphaTauri Honda +1 lap

13. Lando Norris GBR McLaren F1 Team + 1 lap

14. Esteban Ocon FRA Renault F1 Team + 1 lap

15. Romain Grosjean FRA Haas F1 Team +1 lap

16. Kimi Raikkonen FIN Alfa Romeo Racing Orlen +1 lap

17. Antonio Giovinazzi ITA Alfa Romeo Racing Orlen +1 lap

18. George Russell GBR Williams Racing +1 lap

19. Nicholas Latifi CAN Williams Racing +5 lap

DNF Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri Honda 16 laps {OKEZONE}