Tekno

Mengenal Lebih Dekat Samuel Johnson, Penyusun Kamus Bahasa Inggris di Google Doodle Hari Ini

0
Google Doodle peringati HUT 308 Samuel Johnson

RadarAktual.com – Samuel Johnson, penyusun Kamus Bahasa Inggris hadir di Google Doodle hari ini. Raksasa mesin pencari, Google kembali menghadirkan Doodle sebagai apresiasi kepada seorang tokoh yang berjasa di dunia yakni Samuel Johnson yang merupakan penyusun kamus bahasa Inggris. Hasil karyanya tersebut, sangat membantu kita dalam mencari arti sebuah kata pada beberapa puluh tahun silam.

Butuh waktu selama 9 tahun lamanya bagi Sameul Johnson untuk menyusun kamus bahasa Inggris sebelum dipublikasikan pada tahun 1755 dengan tajuk Johnson’s: A Dictionary of the English Language. Hasil karya Samuel ini memiliki telab 46 cm dan menjadi rujukan bagi utama hingga akhrinya lahir Oxford English Dictionary setelah 1,5 abad kemudian.

Samuel sebenarnya pernah mengenyam pendidikan di Oxford Univertsity, namun harus ia tidak berhasil meraih gelarnya karena kekurangan biaya dan terpaksa meninggalkan bangku kuliah. Yang menarik, sebelum ia mempublikasikan kamus yang ditulisnya, ia justru menerima gelar Master of Arts dari Oxford. Ia juga diberi penghargaan sebagai Doktor pada tahun 1765.

Samuel Johnson lahir di Lichfield’s Market Square di Staffordshire, Inggris pada 18 September 1709 dan meninggal pada 13 Desember 1784 pada usia 75 tahun. Selain menghasilkan kamus, Samuel juga seorang penyair, penulis esai, kritikus, penulis biografi, dan editor.

Untuk menghormati hasil karyanya tersebut, sebuah patung didirikan di seberang rumahnya di Lichfield’s Market Square di Staffordshire, Inggris dan juga dibangun di London dan Uttoxeter.

 

Klasemen F1 Singapura : Vettel Gagal Finish di Marina Bay, Hamilton Perlebar Jarak

Previous article

Prediksi Liga 1 : Live Streaming PS TNI vs Madura United, Siaran Langsung Hari Ini, Senin 18/9/2017

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *