News  

Bocoran Reshuffle: Tiga Wajah Baru Gantikan Sofyan, Nadiem Dan Erick, Luhut Pindah Pos

Presiden Joko Widodo dikabarkan segera merealisasikan kemarahannya di sidang kabinet beberapa bulan lalu, yaitu merombak jajaran para menterinya.

Berdasarkan bocoran yang didapat dari relawan Jokowi di Pilpres 2019 lalu, ada tiga yang akan dicopot.

Informasi ini disampaikan Ketua Umum (Ketum) Barisan Penggerak Rakyat Jokowi-Amin (Barak Join), Ali Nugroho saat berbincang sesaat lalu, Minggu (30/8).

Menurut Ali, hanya ada 3 posisi menteri yang akan diisi oleh wajah baru. Sementara mayoritas menteri hanya akan mengalami rotasi. “Infonya cuma 3 diganti wajah baru. Banyaknya cuma dirotasi,” ujarnya.

Tiga Menteri yang akan diganti wajah baru adalah Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

“Pak Menteri Sofyan Djalil selalu menjabat dari rezim ke rezim. Harusnya berpengalaman. Tapi malah terjadi banyak kasus konflik agraria yang dramatis,” jelasnya.

Sementara Erick Thohir dirombak karea gagal mengangkat perekonomian dan kesejahteraan rakyat melalui BUMN. Sementara yang dilakukan sebatas koar-koar di media sosial.

“Menteri yang buat gaduh memang sebaiknya dicopot atau dirotasi oleh presiden,” terang Ali.

Selain itu, Ali mengatakan bahwa Luhut Binsar Pandjaitan juga akan dirotasi dari jabatan sekarang, yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

“Luhut diganti tapi cuma diputar tetap aja jadi Menteri lagi, tapi sekelas Menko. (Daftar reshuffle) di kantongnya Jokowi coret-coretannya. Tiga Menteri yang akan diisi wajah baru itu buat mengakomodir mitra partai koalisi sama profesional,” pungkas Ali. {rmol}