Supit Hanya Pilih Kader-Kader Terbaik Jadi Pengurus Depinas SOKSI

Depinas SOKSI mengumumkan struktur kepengurusan untuk periode 2020-2025. Susunan kepengurusan ini sempat tertunda baik pembahasan maupun pengumumannya pasca Munas telah berlangsung selama hampir satu setengah bulan lalu, tepatnya pada bulan Juni silam.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Depinas SOKSI, Ahmadi Noor Supit dalam acara pengumuman struktur kepengurusan Depinas SOKSI periode 2020-2025 di Kuningan Suites, Jakarta (08/09/2020).

“Pertama-tama kita bersyukur, keluarga besar SOKSI dalam keadaan sehat semua. Hingga kita bisa sampai di titik ini kita patut bersyukur kepada Allah SWT,” ucap Ahmadi Noor Supit.

“Kedua, Munas SOKSI sebenarnya sudah berlangsung sejak Juni, tetapi suasana pandemi ini membuat kita mengatur segala hal, termasuk untuk mengumumkan kepengurusan yang baru ini. Kalau sampai kepengurusan ditunda terus, saya kira akan membuat gerak organisasi terhambat,” lanjutnya lagi.

Menurut Supit, kepengurusan Depinas SOKSI saat ini mengedepankan kualitas dan kuantitas. Oleh karenanya, ia telah memilah dan memilih betul, sosok-sosok yang dirasa tepat masuk ke dalam kepengurusan.

“Kami rampingkan kepengurusan dari sekitar 400an orang menjadi sekitar 40%. Bukan berarti kader SOKSI yang telah menjadi pengurus sebelumnya di periode 2015-2020 sudah tidak aktif lagi. Tapi kita harus memilih dan memilah kader-kader terbaik. Kita juga akan membentuk POKJA, di sanalah akan lebih banyak lagi kader kita akomodir,” ujar Ketua Umum Depinas SOKSI menjelaskan.

Namun, pos struktur Depinas SOKSI berpotensi akan bertambah gemuk seiring dengan akan dibentuknya POKJA guna mempercepat gerak organisasi. Menurut Supit, POKJA nantinya akan bekerja lebih teknis dan langsung mengarah ke masyarakat.

“Dengan susunan kepengurusan ini, kita telah memilah, kader terbaik sesuai posnya. Di Pokja, kita akan lakukan lebih banyak pekerjaan teknis,” ucapnya.

Komposisi kepengurusan Depinas SOKSI sendiri memiliki 60% lebih kader milenial dan perempuan yang diakomodir. Dengan banyaknya kelompok milenial dan perempuan yang masuk kepengurusan, diharapkan Depinas SOKSI akan lebih adaptif menatap modernisasi dan globalisasi, terutama dalam persoalan tekhnologi digital.

Di samping itu, komposisi kepengurusan Depinas SOKSI juga memasukkan 20 anggota DPR RI aktif. Di antaranya adalah, Misbakhun yang ditunjuk sebagai Sekretaris Jenderal, Aa Bagus Adhi Mahendra Putra yang ditunjuk sebagai Ketua Madya, lalu ada pula nama Agun Gunandjar Sudarsa sebagai Wakil Ketua, lalu ada nama Nusron Wahid, Ferdiansyah, Ichsan Firdaus hingga Puteri Anetta Komarudin.