Tekno  

Hati-Hati! Pesan Mengerikan Ini Bisa Bikin WhatsApp Anda Crash

Pengguna WhatsApp harus berhati-hati karena ada pesan berisi karakter aneh yang jika diterima bisa membuat aplikasi mereka jadi crash dan tidak bisa dibuka. Selain itu mereka juga harus waspada jika menerima kontak atau vcards dalam jumlah yang banyak.

Pesan aneh yang membuat WhatsApp tidak bisa diakses sebenarnya bukan hal yang asing. Misalnya, beberapa tahun yang lalu ada pesan berisi titik berwarna hitam yang berisi karakter yang tidak bisa dibaca oleh WhatsApp atau Android dan membuat aplikasi crash.

Pesan berisi karakter aneh tersebut baru-baru ini menjadi sorotan WABetaInfo, blog yang sering membagikan informasi tentang update terbaru WhatsApp. Pesan seperti ini tidak memiliki istilah khusus dan WABetaInfo menyebutnya sebagai ‘scary messages’ atau pesan mengerikan.

Dikutip detikINET dari WABetaInfo, Selasa (8/9/2020) pesan mengerikan ini sangat berbahaya bagi pengguna WhatsApp. Pertama, kalian akan menerima pesan yang berisi karakter aneh dari sebuah kontak.

Jika dibaca, pesan ini tidak akan masuk akal, tapi WhatsApp mungkin akan menginterpretasikannya dengan salah. Kadang WhatsApp juga tidak bisa me-render pesan ini sepenuhnya karena strukturnya yang aneh.

Kombinasi dari karakter-karakter aneh ini akan mengakibatkan situasi di mana WhatsApp tidak bisa memproses pesan tersebut dan berujung pada infinite crash. Artinya ketika pengguna mencoba membuka WhatsApp, aplikasi akan membeku kemudian crash dan akan terus berulang.

Saat ini WhatsApp belum memiliki solusi untuk mengatasi masalah ini. WABetaInfo juga sudah beberapa kali mengungkap masalah seperti ini di Twitter, dan ia menemukan pengguna dari Brazil yang paling sering menerima pesan aneh seperti ini.

Banyak grup WhatsApp yang digunakan untuk saling berbagi dan menyebarkan pesan mengerikan ini.

Pesan ini diciptakan untuk menyerang platform tertentu, jadi ada grup WhatsApp yang membagikan kode untuk membekuk WhatsApp di Android, dan ada grup lainnya yang membagikan pesan mengerikan untuk WhatsApp di iOS.

Kadang ada pesan mengerikan yang berisi kontak atau vcards. Jika dibuka, vcards ini akan berisi ratusan kontak yang memiliki nama aneh dan panjang yang ternyata berisi kode jahat.

Kadang vcards ini juga dimodifikasi dan mengeluarkan sesuatu bernama Payload yang akan membuat situasi menjadi lebih parah. Pengguna di beberapa yang sering menemukan pesan ini pun mulai memberikan nama untuk pesan mengerikan ini seperti Travar, Binario, TravaZap atau Crashers.

Meski belum ada solusi dari WhatsApp ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menyelamatkan akun WhatsApp dari serangan pesan mengerikan ini. Jika kalian menerima pesan mengerikan, langsung blokir kontak tersebut lewat WhatsApp Web.

Lalu ubah pengaturan privasi grup menjadi ‘My Contacts’ atau ‘My Contacts except…’. Segera hapus pesan yang berisi kode crash tersebut lewat WhatsApp Web jika masih bisa.

Jika WhatsApp Web tidak bisa menjangkau perangkat kalian karena aplikasi sudah keburu crash duluan atau kalian belum mengaktifkan sesi WhatsApp Web, maka tidak ada cara lain selain menginstal ulang WhatsApp dan kehilangan histori chat kalian.

Karena alasan tersebut, sangat disarankan untuk mencadangkan histori chat WhatsApp setidaknya setiap seminggu sekali jika kalian tidak ingin historinya terhapus.

Sayangnya, isu ini sudah beredar setidaknya selama tiga tahun. Belum diketahui apakah WhatsApp sudah mencari cara untuk menyelesaikan masalah ini, tapi mungkin akan memakan waktu yang lama karena ada banyak kombinasi karakter yang bisa digunakan orang tak bertanggung jawab. {detik}