News  

Jusuf Kalla: SBY Lebih Cepat Ambil Keputusan, Jokowi Semua Dirapatkan

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla membeberkan pandangannya terkait perbedaan dua kepemimpinan era Presiden Indonesia keenam SBY dan Presiden ketujuh Jokowi.

JK yang menjabat wapres di era SBY dan Jokowi, berpandangan kepemimpinan SBY lebih cepat dibandingkan Jokowi. JK menyebut di era Jokowi semua hal dirapatkan bersama.

“Kalau zaman Pak SBY semua masalah ekonomi diserahkan kepada saya. Kalau di zaman Pak Jokowi semua soal dirapatkan, semua soal. Jadi, rapatnya bisa satu minggu 4-5 kali,” kata JK saat berbincang di Youtube Helmy Yahya, seperti dilihat kumparan, Rabu (23/9).

Meski begitu, membahas semua hal dalam rapat makna positifnya adalah mengambil keputusan bersama. “Begitu gayanya, keputusan diambil bersama,” imbuh politikus senior Partai Golkar itu.

JK mengatakan, di zaman SBY pemerintah lebih cepat mengambil keputusan. Oleh karena itu, ada istilah JK yang familiar waktu itu, yakni ‘lebih cepat lebih baik’. “(SBY) Lebih ringkas, lebih terarah. Lebih cepatlah kita ambil keputusan,” tutur dia.

Banyak hal yang diperbincangkan Helmy dan JK. Termasuk perjalanan JK sebelum menjadi wakil Presiden. JK bercerita soal perjalanan politiknya saat menjadi Anggota MPR, Menteri Gus dur dan Megawati.

“Dulu hampir 20 menteri disuruh mundur atau dipecat. Saya termasuk bagian yang keempat. Gus Dur suka begitu ada aja alasannya suruh berhenti. Ya kita berhenti aja. Balik lagi bisnis lagi. Ibu Mega panggil lagi untuk jadi Menkokesra, naik sikit satu tingkat,” kenang JK. {kumparan}