Tolak Gerindra, Partai Golkar Usung Ganjar-Gus Yasin

Dukung Ganjar-Yasin di Pilgub Jateng, Golkar Klaim Tolak Ajakan Gerindra

 

Partai Gerindra mengajak Partai Golkar untuk turut mendukung sekaligus mengusung Sudirman Said-Ida Fauziah pada pilkada atau Pilgub Jateng 2018 akan tetapi ajakan tersebut di tolak secara halus. Partai Golkar itu rupanya lebih cenderung memilih mendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) yang lebih dulu diusung 4 partai yaitu PDIP, PPP, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat.

 

Iqbal Wicaksono yang sebagai ketua harian DPD partai golkar Jateng, menjelaskan bahwa partai golkar sudah memilih memutuskan sikap dan dukungan di pemilihan umum kepala daerah (pilkada) atau tepatnya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018. Dan mereka akhirnya menentukan arah dukungan partai berlambang pohon beringin itu kepada Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen dan bukannya Sudirman-Ida.

 

Iqbal juga menjelaskan “Ketua Umum DPP Golkar, Arilangga Hartanto, sudah memutuskan. Di Pilgub Jateng kali ini kami ikut mengusung pasangan Ganjar-Gus Yasin,”.

 

Kiprah Sudirman Said yang kini maju sebagai calon gubernur Jateng adalah tokoh antikorupsi yang tercatat sebagai salah seorang pendiri Masyarakat Transparansi Indonesia. Karir yang terbilang sukses waktu itu sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral menyingkap skandal Papa Minta Saham PT Freeport Indonesia oleh dedengkot Partai Golkar masa itu, Setya Novanto dan tak lama setelah kejadian itu, nama Sudirman Said dicoret dari kabinet Presiden Joko Widodo.

 

Ketua DPD Golkar Jateng, Wisnu Suhardono juga menyampaikan pernyataan senada. Wisnu menyatakan Partai Golkar lebih memilih dukungan ke Ganjar Pranowo dan Gus Yasin. “Arahnya seperti itu [dukungan ke Ganjar]. Untuk kepastian resmi, besok [Rabu, 10 Januari 2018],”.

 

Ditempat terpisah, sebelumnya Gerindra mengajak Golkar untuk bergabung mendukung Sudirman-Ida. ajakan itu di sampaikan Sekretaris DPD Gerindra Jateng. Ajakan itu disampaikan Sriyanto menyusul tidak hadirnya Golkar sebagai partai pengusung disaat pasangan Ganjar-Yasin menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran peserta Pilgub Jateng 2018 ke kantor KPU Jateng di Jl. Veteran No. 1 A Kota Semarang.

 

“Golkar kan tadi tidak turut serta dalam pendaftaran pasangan sebelah. Mari bersama menyatukan segala potensi di Jawa Tengah untuk memenangkan Sudirman-Ida,” jelas Sriyanto

 

Akan tetapi masih ada beberapa anggota Golkar yang dikabarkan ikut serta mendampingi pasangan Ganjar-Yasin. Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto, yang didapuk sebagai Ketua Tim Pemenangan Ganjar-Yasin, bahkan menyatakan secara lisan Golkar sudah menyatakan dukungan kepada pasangan yang diusung partainya tersebut.