PSSI Resmi Bubarkan Liga 1 dan Liga 2 Musim 2020

Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) akhirnya memastikan bahwa kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 dibubarkan. Dibatalkannya kompetisi itu terkait karena kondisi kahar (forc majeure) imbas dari pandemi virus corona.

Keputusan pembatalan Liga 1 dan 2 musim 2020 itu pun disebut pihak PSSI sudah disepakati bersama oleh klub-klub yang berkompetisi di ajang tersebut. Dalam rapat yang membahas kelanjutan Liga 1 dan 2 pada 15 Januari 2021, disepakati bahwa kompetisi harus dibatalkan.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pun menjadi pihak yang langsung mengumumkan kabar mengejutkan tersebut. Ia mengaku sudah berusaha keras mencari solusi terbaik bersama Exco PSSI dan hasilnya kompetisi memang harus dibatalkan.

“Berdasarkan masukan dan kemudian Exco PSSI membahasnya, akhirnya diputuskan soal kejelasan Liga 1 dan 2 itu. Exco PSSI memutuskan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 dibatalkan,” jelas Iriawan, melansir dari laman resmi PSSI, Rabu (20/1/2021).

Dengan begitu, tidak akan ada lagi kompetisi Liga 1 2020. Nantinya, kompetisi sepakbola Tanah Air itu akan terus berlanjut dengan Liga 1 2021.

Para peserta yang tampil di Liga 1 2021 nanti akan sama persis dengan apa yang ada di Liga 1 2020. Jadi, tidak ada yang degradasi ataupun yang naik dari Liga 2. Untuk yang juara pun juga tidak ada karena memang kompetisi benar-benar dibatalkan.

Menambahkan terkait kabar PSSI yang membatalkan Liga 1 dan 2 2020 itu, pihak PT Liga Indonesia Baru (LIB) pun menyebut semua proses pembubaran kompetisi akhirnya harus dilakukan setelah melewati proses yang panjang.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, menyebut keputusan Exco PSSI itu karena meneruskan apa yang menjadi hasil diskusi dengan perwakilan klub-klub Liga 1 dan 2 dalam pertemuan virtual.

“PT LIB sudah mempresentasikan alasan kenapa liga tidak diizinkan, termasuk surat permohonan izin dan berbagai upaya yang sudah dilakukan termasuk melakukan kunjungan kepada petinggi/pejabat terkait,” tambah Akhmad.

“Kesimpulannya, klub-klub Liga 1 ingin menatap musim baru. Mereka menginginkan musim 2020 dibatalkan dan musim 2021 dimulai. Demikian pula dengan mayoritas klub Liga 2 sepakat agar kompetisi musim 2020 dibatalkan,” tutup Direktur Operasional PT LIB Sudjarno. {okezone}