Lorenzo Tak Percaya Yamaha Tukar Valentino Rossi Dengan Quartararo

Mantan pembalap MotoGP, Jorge Lorenzo, masih tak percaya dengan keputusan Tim Monster Energy Yamaha untuk menukar Valentino Rossi dengan Fabio Quartararo. Meski alasan tim tersebut cukup logis untuk melakukan hal itu, Lorenzo masih tetap terkejut.

Tim pabrikan Yamaha memang memutuskan melakukan pergantian susunan pembalap untuk MotoGP 2021. Mereka mengontrak Fabio Quartararo untuk bertandem dengan Maverick Vinales.

Kedatangan Quartararo pun otomatis mendesak Valentino Rossi untuk bernaung di tempat lain. Alhasil, The Doctor -julukan Rossi- akan berseragam tim satelit Yamaha, yakni Petronas SRT, pada musim ini.

Langkah yang diambil Yamaha ini membuat Quartararo benar-benar terkejut. Sebab, Rossi bagaimanapun telah dipandang sebagai pembalap andalan Yamaha, meski dalam beberapa musim terakhir menunjukkan penurunan performa.

Mengingat jasanya yang begitu besar kepada Yamaha, Lorenzo mengira Rossi akan terus bernaung di tim pabrikan dalam waktu lebih lama lagi. Tetapi, semua perkiraannya gagal tercapai.

Meski terkejut Lorenzo tetap memahami niat dari Yamaha dalam melakukan langkah besar tersebut. Usia Rossi yang sudah tak muda lagi membuat Yamaha akhirnya mencari pembalap muda yang memiliki bakat gemilang demi bekal di masa mendatang.

“Saya terkejut Yamaha memutuskan untuk mengambil langkah ini (menukar Valentino Rossi dengan Fabio Quartararo),” ujar Lorenzo, sebagaimana dikutip dari Speedweek, Kamis (28/1/2021).

“Valentino mengalami sedikit perubahan sekarang. Saya tidak berpikir dia akan punya masalah,” lanjutnya.

“Dari sudut pandang Yamaha, dapat dimengerti bahwa mereka mencari pembalap yang lebih muda di tim pabrikan. Itu logis, tapi masih mengejutkan saya,” tukas mantan pembalap Yamaha itu. {okezone}