News  

Menkeu Siap Sukseskan Program DPR Tingkatkan Kinerja Legislasi

Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan insitusinya dengan Kementerian Keuangan sepakat bersinergi menyukseskan kinerja legislasi di masa kerja DPR yang tinggal 18 bulan lagi.

“Dalam pertemuan informal bersama pimpinan-pimpinan Fraksi tadi kita sepakat saling bekerjasama dan berkomunikasi dengan baik. Di masa kerja DPR yang tinggal beberapa tahun lagi, kita harus saling bersinergi,” kata Bambang seusai menerima kunjungan Menteri Keuangan Sri Mulyani di Ruang Kerjanya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan dalam pertemuan tersebut dibahas hambatan dalam penyelesaian beberapa Rancangan Undang-Undang (RUU) khususnya yang ada di Komisi XI DPR misalnya RUU tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP) dan RUU Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Bambang mengatakan DPR dan Kemenkeu berkomitmen agar kedua RUU bisa diselesaikan pada masa sidang mendatang.

“Saya sambut baik dan berikan apresiasi kepada Menteri Keuangan yang hadir dan bersilaturahmi dengan Pimpinan DPR yang baru,” ujarnya.

Politisi Partai Golkar itu menyampaikan bahwa Pimpinan DPR bersama Menkeu sepakat untuk melakukan review terhadap beberapa RUU dan keputusan yang sudah diambil namun belum bisa dituntaskan serta dilaksanakan.

Menurut dia, DPR akan cek kembali kejelasan mengenai latar belakang, mekanisme, maupun urgensi setiap keputusan dan RUU yang sudah masuk Program Legislasi Nasional (prolegnas).

“Kami akan lihat apa saja RUU yang perlu dipercepat dalam hal pengawasan agar terjadi pemahaman yang sama sehingga menghasilkan produk legislasi yang baik dan produktif,” katanya.

Bambang menjelaskan bahwa dirinya juga menyampaikan kepada Sri Mulyani agar anggaran Majelis Ulama Indonesia (MUI) bisa ditambah karena tidak sebanding dengan kerja lembaga tersebut dalam membina umat muslim.

Dia mengatakan MUI sudah menyampaikan kepadanya bahwa kebutuhan anggaran lembaga tersebut setahun senilai Rp30 miliar, yang diperuntukan bagi pembinaan moral umat Islam.

“Anggaran MUI setahun sebesar Rp6 miliar, itu pun di bawah Satuan Kerja dari Kementerian Agama. Saya sudah sampaikan itu kepada Menkeu, dan akan dipelajari dahulu,” katanya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan Kemenkeu siap menyukseskan program Ketua DPR dalam meningkatkan kinerja legislasi dan siap mendukung serta membantu sambil melihat apa saja yang perlu dipercepat.