Inilah 16 Negera Peserta Piala Thomas-Uber 2018

Thomas-Uber

Lengkaplah kontestan putaran final Piala Thomas-Uber 2018. 16 negara akan ambil bagian dalam turnamen beregu putra-putri tersebut setelah berakhirnya Kejuaraan Beregu Eropa dan Kejuaraan Beregu Amerika pada akhir pekan kemarin.

Selain juara bertahan Piala Thomas (Denmark) danPiala Uber (China), skuad tuan rumah yakni Thailand, juga telah otomatis lolos ke putaran final kejuaraan yang menjadi lambang supremasi tertinggi bagi tim putra-putri tersebut. Dengan begitu, sudah ada dua slot untuk Piala Thomas dan Piala Uber yang terambil.

Selain itu, tiga negara yang memiliki peringkat tertinggi juga dipastikan lolos meski tidak menjadi juara di benua masing-masing. Adapun, 11 slot tersisa diambil dari lima kejuaraan pada masing-masing benua yakni Asia, Afrika, Amerika, Eropa dan Oceania.

Khusus untuk Asia dan Eropa, terdapat empat slot yang disediakan untuk tampil pada putaran final yang berlangsung pada 20-27 Mei. Selain juara, tiga slot lainnya berlaku bagi runner-up dan dua tim semifinalis.

Dengan demikian, tim putri Indonesia yang menyelesaikan Kejuaraan Beregu Asia 2018 sebagai semifinalis, berhak berangkat ke Bangkok. Para Srikandi Merah Putih akan menemani skuad putra yang menjadi juara pada Kejuaraan Beregu Asia.

Sementara itu, berbeda dengan jatah tiket yang disediakan untuk wilayah Asia dan Eropa, tiga benua lain yakni Afrika, Oceania dan Amerika, masing-masing hanya punya satu slot yang menjadi milik sang juara.

Tim putra-putri Kanada menjadi pemilik tiket terakhir menuju Piala Thomas-Uber 2018. Mereka meraihnya setelah mengalahkan tim putra-putri Amerika Serikat (AS) pada laga final, Minggu (18/2/2018).

Dilansir BolaSport.com dari situs resmi BWF, baik tim putra maupun skuat putri Negeri Maple tersebut sukses menang atas AS dengan skor telak, 3-0. (Any Hidayati)

Daftar negara yang akan tampil pada putaran final Piala Thomas-Uber 2018:

Piala Thomas:

Juara bertahan: Denmark
Tuan rumah: Thailand
Afrika: Aljazair
Asia: Indonesia, China, Malaysia, Korea Selatan
Eropa: Jerman, Perancis, Inggris, Rusia
Oceania: Australia
Amerika: Kanada
Peringkat: Taiwan, Jepang, India

Piala Uber:

Juara bertahan: China
Tuan rumah: Thailand
Afrika: Mauritius
Asia: Jepang, Korea Selatan, Indonesia, Taiwan
Eropa: Denmark, Jerman, Rusia, Spanyol
Oceania: Australia
Amerika: Kanada
Peringkat: India, Malaysia, Hongkong