Marc Marquez Resmi Absen di 2 Seri Pembuka MotoGP 2021 di Qatar

Repsol Honda mengonfirmasi Marc Marquez akan absen di dua seri pembuka MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar. Pengumuman tersebut disampaikan Repsol Honda melalui laman resminya, Senin 22 Maret 2021 malam WIB.

Seperti diketahui, kompetisi MotoGP 2021 akan melakoni balapan perdana pada 28 Maret di Sirkuit Losail, Qatar. Begitu pun dengan seri kedua yang akan berlangsung di tempat yang sama pada 4 April 2021 dengan titel MotoGP Doha 2021.

Mengingat seri perdana MotoGP 2021 tinggal enam hari lagi, Marc Marquez akhirnya membuat keputusan untuk absen pada seri perdana. Keputusan tersebut diambil juga tidak lepas dari saran tim medisnya di Rumah Sakit Ruber Internacional.

“Marc Marquez bersama tim medisnya di Rumah Sakit Ruber Internacional, menganggap bijaksana untuk tidak kembali mengikuti kompetisi akhir pekan ini di Qatar,” bunyi pernyataan dari Repsol Honda, Selasa (23/3/2021).

Marquez sendiri telah kembali ke arena balap dengan menjalani dua kali tes di Sirkuit Catalunya, Spanyol dan Portimao, Portugal. Namun, Marquez belum menggeber motor Honda RC213V melainkan RC21V-S.

Tim dokter yang dipimpin Samuel Antuña dan Ignacio Roger de Oña pun menyatakan bahwa fisik Marquez telah menunjukkan respons yang baik. Akan tetapi, mereka memutuskan untuk tetap menunda comeback-nya Marquez demi menjaga hal-hal yang tidak diinginkan kembali.

“15 minggu setelah operasi untuk pseudoarthrosis yang terinfeksi pada humerus kanan, respons klinis yang baik telah ditemukan setelah intensifikasi pelatihannya,” lanjut pernyataan tersebut.

“Namun, mengingat periode waktu dan kondisi saat ini dari proses konsolidasi tulang, dokter mengangggapnya bijaksana dan perlu untuk tidak mempercepat kembalinya Marquez ke trek setelah waktu yang tidak aktif.Selain itu, untuk menghindari menempatkan humerus pada risiko dalam persaingan yang ketat.,” sambung pernyataan itu.

Lebih lanjut, Marquez akan menjalani pemeriksaan kembali dengan tim dokter pada 12 April 2021. Itu berarti, juara dunia MotoGP enam kali itu akan absen pada seri kedua yang juga berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar.

“Marquez akan menjalani pemeriksaan kesehatan lagi pada Senin, 12 April,” tutup pernyataan tersebut. {okezone}