5 Pebulutangkis Muslim Yang Harumkan Nama Indonesia

BULUTANGKIS adalah olahraga yang sangat populer di Indonesia dari masa ke masa. Tak hanya menjamah di khalayak dalam negeri, tetapi juga di seluruh dunia.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan peraih gelar juara dunia terbanyak ketika berbicara soal bulu tangkis. Prestasi tersebut diantaranya juga disumbangkan oleh pemain beragam muslim. Berikut lima pebulu tangkis muslim yang mengharumkan nama Indonesia.

5. Mohammad Ahsan

Ahsan adalah pebulutangkis ganda putra Indonesia yang berpasangan dengan Hendra Setiawan. Dirinya juga menjadi salah satu pemukul bulu yang telah meraih titel gelar juara dunia sebanyak tiga kali.

Pria berusia 33 tahun tersebut berpasangan dengan Hendra ini masih mungkin menambah gelar juara.

Termasuk medali emas Olimpiade Tokyo, di mana keduanya sudah dinyatakan lolos ke ajang multievent olahraga dunia tersebut. Mereka juga berpotensi menjadi juara dunia lagi, di mana Kejuaraan Dunia 2021 akan bergulir pada tahun ini di Huelva, Spanyol.

4. Ricky Subagja

Ricky Subagja adalah pemain ganda putra yang juga pernah meraih gelar juara dunia. Kala itu, ia berpasangan dengan Rudy Gunawan pada 1993. Prestasi cemerlang itu berhasil diulangi Ricky pada Kejuaraan Dunia 1995.

Hebatnya, pria yang saat ini berumur 50 tahun itu memenangkan titel juara dunia keduanya secara beruntun dengan pasangan berbeda. Kali ini, ia berpasangan dengan Ricky Subagja.

3. Markis Kido

Pebulutangkis muslim Indonesia berikutnya yang menjadi juara dunia ialah Markis Kido. Turun pada nomor ganda putra bersama Hendra Setiawan, Kido sukses meraih titel juara dunia pada 2007.

Kido dan Hendra naik ke podium kampiun setelah memenangi laga final sengit kontra wakil Korea Selatan, Jung Jae-sung dan Lee Yong-dae dengan skor tipis 21-19, 21-19. Selain itu, pria berusia 36 tahun itu juga telah mengoleksi medali emas Olimpiade 2008 bersama Hendra.

2. Tontowi Ahmad

Selain tunggal dan ganda putra, Indonesia juga memiliki pemain muslim yang menjadi juara dunia pada nomor ganda campuran. Ia adalah Tontowi Ahmad yang sukses meraih titel kampiun dunia bersama Liliyana Natsir pada 2013 dan 2017.

Sosok yang akrab disapa Owi itu lalu kembali meraih gelar juara dunia pada 2017. Pria yang saat ini berusia 33 tahun tersebut telah menyatakan pensiun dari dunia bulu tangkis.

1. Taufik Hidayat

Menantu Agum Gumelar ini sempat meraih juara dunia bulu tangkis dari Indonesia, khususnya di nomor tunggal putra. Gelar bergengsi itu diraih Taufik Hidayat pada Kejuaraan Dunia BWF 2005 di Anaheim, Amerika Serikat (AS).

Dalam perjalanan meraih gelar tersebut, pria yang sekarang berusia 39 tahun ini melewati dua orang calon bintang tunggal putra, yakni Lee Chong Wei (semifinal) dan Lin Dan (final). Di final, Taufik Hidayat menyudahkan perlawanan Lin Dan dengan relatif mudah, yakni 15-3 dan 15-7. {okezone}