News  

KH Ma’ruf Amin Luncurkan Buku Biografi

KH Ma'ruf Amin

Kisah perjalanan hidup Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin terangkum dalam buku bertajuk Prof DR KH Ma’ruf Amin Penggerak Umat Pengayom Bangsa.

Buku itu diluncurkan dalam silaturahmi yang digelar Bank Muamalat di Muamalat Tower, Senin (12/3). Selain sebagai ketua MUI, KH Ma’ruf Amin juga menjabat sebagai ketua Dewan Pengawas Syariah.

Acara peluncuran buku tersebut dihadiri tokoh-tokoh nasional seperti Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Sosial Idrus Marham, dan Menteri Desa Eko Putro Sandjojo.

Ada juga Ketum Muhammadiyah Haedar Nasir, jajaran pemprov DKI, para alim ulama, perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Muhammad Nuh, Ketum ICMI Jimly Asshiddiqie, dan anggota DPR RI Jazilul Fawaid.

Buku tersebut dipersembahkan untuk memperingati milad ke-75 Kiai Ma’ruf. Buku tersebut merekam secara utuh seluruh jejak perjalanan kehidupan Kiai Ma’ruf sejak masa kanak-kanak hingga sekarang.

Chief Executive Officer (CEO) Bank Muamalat Achmad K Permana menyampaikan, perjalanan Bank Muamalat tak Iepas dari peran KH Ma’ruf Amin yang memiliki peran penting dalam mendesain Bank Syariah.

“Kami keluarga besar Bank Muamalat turut senang dapat berperan serta dalam peluncuran buku biografi KH Ma’ruf Amin di milad ke-75 beliau. Dukungan ini merupakan perwujudan Muamalat sebagai bagian tak terpisahkan dari umat,” ujar Permana.

Permana menambahkan, Bank Muamaiat merasa beruntung karena bisa menjadikan Kiai Ma’ruf sebagai ketua DPS Bank Muamalat.

“Kami beruntung memiliki beliau. Sebetulnya bukan kami saja tapi negara ini beruntung memiliki beliau. Bagaimanapun kita belum melihat suksesor yang bisa menggantikan beliau,” kata Permana.

Kiai Ma’ruf sendiri mengapresiasi dukungan Bank Muamalat dalam peluncuran buku itu. Dia berharap buku itu bisa menjadi bagian dari peningkatan khazanah pengetahuan dan bermanfaat untuk umat.