Libas Slovakia 5 Gol Tanpa Balas, Spanyol Lolos ke 16 Besar

Timnas Spanyol sukses melaju ke babak 16 besar EURO 2020 setelah melibas timnas Slovakia dengan lima gol tanpa balas. Timnas Spanyol bersua timnas Slovakia dalam laga pemungkas Grup E Euro 2020 di Stadion La Cartuja, Sevilla, Rabu (23/6/2021).

Hasilnya, Spanyol membungkam Slovakia dengan skor 5-0. Menurut catatan WhoScored, La Furia Roja tampil sangat mendominasi di laga tersebut.

Mereka memegang penguasaan bola hingga 67 persen. Dari segi peluang, Spanyol melakukan 19 tembakan dengan 9 mengarah ke gawang. Adapun Slovakia membuat 3 kesempatan yang semuanya gagal tepat sasaran.

Kemenangan ini sekaligus membuat Spanyol lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020. Spanyol melaju ke fase knock-out dengan status runner-up Grup E.

Jalannya pertandingan

Sejak wasit Bjorn Kuipers meniup peluit tanda kick-off babak pertama dimulai, timnas Spanyol langsung mengambil inisiatif menyerang.

Petaka menimpa timnas Slovakia pada menit ke-10 setelah Jakub Hromada melakukan pelanggaran keras terhadap Koke di dalam kotak terlarang.

Wasit sempat melihat tayangan ulang VAR sebelum akhirnya menghadiahi penalti kepada Spanyol pada menit ke-12.

Namun, Alvaro Morata yang maju sebagai eksekutor penalti gagal melaksanakan tugas tersebut usai tembakan kaki kanannya mampu dibaca kiper Slovakia, Martin Dubravka.

Tujuh menit berselang, Spanyol nyaris menciptakan gol pembuka. Melihat Pablo Sarabia yang berdiri cukup bebas di dalam kotak penalti, Pedri kemudian mengirimkan umpan silang turukur.

Sarabia kemudian menyambut operan tersebut dengan sepakan kanan. Akan tetapi, bola hasil tembakan gelandang berusia 29 tahun ini masih terlalu lemah sehingga dapat diantisipasi oleh Dubravka.

Gol yang dinantikan Spanyol akhirnya tercipta pada menit ke-30. Berawal dari tendangan kaki kanan Sarabia dari luar kotak penalti yang membentur mistar gawang, Dubravka lalu mencoba menghalau bola liar.

Namun, tepisan Dubravka malah mengarahkan si kulit bulat masuk ke gawangnya sendiri. Sebelum babak pertama berakhir atau tepatnya pada menit ke-45+3, Aymeric Laporte sukses menambah pundi-pundi gol Spanyol.

Memanfaatkan umpan Gerard Moreno di dalam kotak penalti, Laporte melakukan sundulan yang sukses membuat bola bersarang ke gawang Slovakia.

Hingga paruh pertama berakhir skor tetap 2-0 untuk keunggulan pasukan Luis Enrique. Usai turun minum, Spanyol tetap memegang kendali pertandingan.

Pada menit ke-56, Spanyol sukses mencetak gol ketiganya di laga ini. Gol tersebut dicetak oleh Sarabia dengan sepakan kaki kiri dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan dari Jordi Alba.

Ferran Torres, yang baru masuk pada menit ke-66 menggantikan Alvaro Morata, langsung ikut serta dalam pesta gol Spanyol ke gawang Slovakia.

Memaksimalkan umpan Sarabia di dalam kotak 16, Torres melakukan back-heel kaki kiri yang sukses menjebol gawang Dubravka pada menit ke-67.

Spanyol kembali menambah penderitaan Slovakia pada menit ke-71. Juraj Kucka melakukan gol bunuh diri setelah salah mengantisipasi tandukan Pau Torres di dalam kotak penalti.

Tak ada lagi gol tercipta hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir, Spanyol menang 5-0 atas Slovakia.

Slovakia 0-5 Spanyol (Martin Dubravka 30′-bd, Aymeric Laporta 45+3′, Pablo Sarabia 56′, Ferran Torres 67′, Juraj Kucka 71′)

Berikut susunan pemain Slovakia vs Spanyol:

Slovakia (4-2-3-1): 1-Martin Dubravka; 2-Peter Pekarik, 5-Lubomir Satka, 14-Milan Skriniar, 15-Tomas Hubocan; 19-Juraj Kucka, 25-Jakub Hromada (Stanislav Lobotka 46′); 18-Lukas Haraslin (Tomas Suslov 69′), 17-Marek Hamsik, 20-Robert Mak (Vladimir Weiss 69′); 8-Ondrej Duda (Michal Duris 46′)

Pelatih: Stefan Tarkovic

Spanyol (4-3-3): 23-Unai Simon; 18-Jordi Alba, 24-Aymeric Laporte, 12-Eric Garcia (4-Pau Torres 71′), 2-Cesar Azpilicueta; 26-Pedri, 5-Sergio Busquets (10-Thiago Alcantara), 8-Koke; 9-Gerard Moreno, 7-Alvaro Morata (11-Ferran Torres 66′), 22-Pablo Sarabia

Pelatih: Luis Enrique {bolasport}