Ki Manteb Sudharsono Meninggal Karena Positif Terpapar COVID-19

Dalang kenamaan Ki Manteb Sudharsono wafat hari ini. Pihak keluarga menyebut Ki Manteb meninggal dalam kondisi positif terpapar virus Corona atau COVID-19.

“Innalilahi wa inailaihi rajiun, sudah berpulang ke pangkuan ilahi bapak H Manteb Sudharsono di hari Jumat pagi ini,” ujar anak sulung Ki Manteb, Medhot Sudharsono, saat ditemui detikcom di rumah duka, Desa Doplang, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, Jumat (2/7/2021).

Medhot menyebut, Ki Manteb mulai sakit sepulang dari Jakarta, sepekan lalu. Setelah itu, kondisi Ki Manteb semakin menurun.

“Sepulang dari Jakarta beliau kondisi panas dan istirahat sehari, pagi mendalang virtual lagi di rumah hampir semalaman, setelah itu beliau ngedrop,” terangnya.

Pihak keluarga sudah berusaha memberikan penanganan medis. Termasuk melakukan tes swab pada Ki Manteb.

“Kita memanggil perawat dan dokter, sekitar 2 hari yang lalu saya berupaya untuk swab untuk memastikan kondisi bapak. Saya diutus oleh beliau Bapak H Untung Wiyono, bupati sepuh Sragen, beliau mengirim tenaga kesehatan untuk swab di sini hasilnya positif,” jelas Medhot.

Kondisi Ki Manteb, lanjutnya, sempat mengalami sesak napas. Hingga akhirnya dalang legendaris ini meninggal pagi tadi.

“Tadi malam kondisi sesak napas, sekitar jam 1.30 WIB bisa normal lagi. Jam 7 pagi tadi beliau agak sesak napas lagi dan akhirnya beliau kapundhut (wafat),” ucap Medhot.

Ki Manteb meninggal dunia dalam usia 72 tahun. Almarhum meninggalkan seorang istri, Nyi Suwarti, serta enam putra-putrinya.

Jenazah Ki Manteb Sudharsono rencananya akan dimakamkan di kompleks pemakaman khusus keluarga (pamijen) yang berada di Karangpandan, Karanganyar, tak jauh dari rumah tinggal almarhum. {detik}