Tim Mercedes Tetap Dukung Penuh Valtteri Bottas Meski Tampil Melempem di F1 2021

Pembalap Tim Mercedes AMG Petronas, Valtteri Bottas kini tengah dalam kondisi yang cukup memprihatinkan di Formula One (F1) 2021. Pasalnya pembalap asal Finlandia itu belum juga meraih kemenangan ketika musim ini sudah memasuki seri kesembilan di Austria pada 4 Juli 2021 nanti.

Bahkan pencapaian terbaik Bottas di F1 2021 hanyalah finis di posisi ketiga. Gara-gara hal itu, rekan setim Lewis Hamilton tersebut kini mau tak mau menempati peringkat kelima dalam klasemen sementara pembalap F1 2021 dari total delapan balapan yang sudah dilakoni.

Hasil itu tentu membuat posisi Bottas di Mercedes semakin terancam. Ia yang hanya dikontrak sampai F1 2021 berakhir itu berpeluang akan digantikan oleh tim berlogo Silver Arrows tersebut, bahkan mungkin bisa jadi justru di pertengahn musim ini.

Mendengar kabar bahwa Bottas akan segera ditendang dari tim Mercedes karena tampil melempem, Direktur Teknis tim tersebut, yakni James Allison langsung membantahnya. Menurutnya Bottas memiliki peranan yang penting di tim Mercedes dan layak untuk terus dipertahankan.

Jadi, Allison dapat memastikan bahwa Mercedes masih sangat percaya terhadap Bottas dan akan terus mendukung pembalap berusia 31 tahun tersebut. Ia bahkan berharap pasangan Bottas-Hamilton masih akan ada di F1 2022.

“Dia (Bottas) adalah pembalap yang seharusnya tak perlu diragukan lagi. Dia selalu terlihat ingin menunjukkan betapa besar komitmennya terhadap tim ini. Tentu dengan itu semua, dia layak mendapatkan tempat di dalam tim ini,” jelas Allison, mengutip dari Motorsport, Kamis (1/7/2021).

Tentunya perkataan itu menandakan sebenarnya Allison sangat ingin Bottas mendapatkan perpanjangan kontrak dari Mercedes. Namun, ia merasa tak berdaya karena bukanlah tugasnya untuk memutuskan apakah Bottas akan bertahan atau tidak.

“Bukan pekerjaan saya untuk membahas soal itu (masa depan Bottas di Mercedes). Dia telah berhasil membuat pasangan tim yang hebat bersama Hamilton. Namun, pada akhirnya bukan saya yang menentukan (kontrak Bottas),” sambung Allison.

Menarik tentunya melihat apakah Bottas akan bertahan atau tidak di Mercedes. Jika akhirnya ditendang Mercedes, kemungkinan besar rekan setim Hamilton selanjutnya adalah George Russell, yang kini membela tim Williams.

Akan tetapi, Bottas masih bisa terus bertahan di Mercedes jika sanggup membuktikan diri betapa berharganya ia. Untuk itu, Bottas diminta bangkit dan memenangkan F1 GP Austria 2021 agar bisa membuat memperbaiki posisinya di klasemen pembalap F1 2021. {okezone}