News  

Anies Baswedan: Untuk Sementara Warga DKI Jakarta Shalat Idul Adha Di Rumah Saja

Beberapa hari lagi umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Namun, Lebaran Haji kali ini masih dalam nuansa berbeda lantaran masih mewabahnya virus corona.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Seruan Gubernur (Sergub) 11/2021 tentang Penyelenggaraan Hari Raya Idul Adha 1442 H Pada Masa PPKM Darurat yang diteken 15 Juli 2021. Tujuan seruan Gubernur itu untuk mencegah melonjaknya kasus Covid-19.

Anies mengajak seluruh alim ulama, habaib, ketua lembaga keagamaan Islam, pengurus masjid/musala dan panitia kurban di Provinsi DKI Jakarta untuk memperhatikan Sergub tersebut.

“Tidak melaksanakan takbir keliling dan digantikan dengan melaksanakan takbir di rumah masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara lebih ketat,” demikian bunyi Sergub yang dikutip Kantor Berita RMOLJakarta, Jumat (16/7).

Orang nomor satu di Jakarta ini meminta seluruh umat muslim sementara waktu melaksanakan salat Idul Adha 1442 H di rumah masing-masing.

Terkait penyembelihan hewan kurban, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meminta agar dilaksanakan sesuai syariat Islam dan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

“Pemotongan hewan kurban dilakukan di Rumah Potong Hewan Ruminasia (RPH-R),” sambung Anies dalam Sergubnya.

Dalam hal keterbatasan jumlah dan kapasitas di Rumah Pemotongan Hewan, pemotongan hewan kurban dapat dilakukan di luar dengan ketentuan sesuai surat edaran Menteri Agama Nomor 17/2021.

Diantaranya melaksanakan pemotongan hewan kurban di area yang luas sehingga memungkinkan diterapkannya jaga jarak fisik dan penyelenggara melarang kehadiran pihak-pihak selain petugas pemotongan hewan kurban.

Data Dinas Kesehatan, positif Covid-19 di DKI hari ini kembali bertambah 12.415 kasus. Dengan demikian, total Covid-19 DKI mencapai 727.016 kasus.

Adapun kasus aktif Covid-19 hari ini bertambah 3.861 orang. Sehingga jumlah orang yang masih dirawat/ isolasi sampai hari ini kembali tembus 113.137 orang. {rmol}