News  

Virus Komunis Lebih Berbahaya Dari Virus COVID-19

Selain dilanda wabah covid-19, saat ini kita juga sedang berjuang melawan wabah yang jauh lebih berbahaya dari virus covid-19, yaitu virus komunis.

Ratusan ulama dan aktivis dakwah meninggal karena wabah covid-19. Jutaan ummat Islam saling curiga, saling hujat, bahkan perselisihan semakin tajam akibat ganasnya virus komunis.

Orang yang meninggal karena virus covid-19, dua kemungkinan. Surga atau neraka. Sedangkan bagi yang mati karena virus komunis, tidak ada kemungkinan. Pastinya satu, neraka jahannam.

Bagi seorang muslim, meninggal karena covid-19 mati syahid. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الشُّهَدَاءُ خَمْسَةٌ الْمَطْعُونُ وَالْمَبْطُونُ وَالْغَرِقُ وَصَاحِبُ الْهَدْمِ وَالشَّهِيدُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ

“Orang yang mati syahid ada lima, yakni orang yang mati karena ath-tha’un (wabah), orang yang mati karena menderita sakit perut, orang yang mati tenggelam, orang yang mati karena tertimpa reruntuhan dan orang yang mati syahid di jalan Allah.” (HR. Bukhari, no. 2829 dan Muslim, no. 1914)

Sedangkan bagi yang meninggal karena wabah virus komunis, tempatnya neraka jahannam.

إِنَّ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ مِنْ أَهْلِ ٱلْكِتَٰبِ وَٱلْمُشْرِكِينَ فِى نَارِ جَهَنَّمَ خَٰلِدِينَ فِيهَآ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ هُمْ شَرُّ ٱلْبَرِيَّةِ

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk,” (QS. al-Bayyinah: 6).

Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman al-Asyqar dalam Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir , mudarris tafsir Universitas Islam Madinah mengatakan:

. أُو۟لٰٓئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ

(Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk). Yakni makhluk yang paling buruk keadaannya, sebab mereka meninggalkan kebenaran karena sifat hasad dan sesat; karena itulah mereka akan kembali ke tempat yang merupakan seburuk-buruk tempat.

Pada masa covid-19 yang gonta-ganti istilah. PSBB, PPKM dan PPKM darurat. Per hari ini, namanya PPKM level 4.

Substansinya sama. Ummat Islam tidak boleh beribadah di masjid. Kalaupun masjid diperbolehkan menyelenggarakan shalat berjamaah di masjid harus mengikuti standar ‘mazhab WHO’.

Menurut ‘mazhab WHO’, shaf shalat berjamaah di masjid renggang. Dikavling sajadah dan keramik. Tidak boleh lurus sebagaimana disunnahkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

سَوُّوا صُفُوفَكُمْ , فَإِنَّ تَسْوِيَةَ الصَّفِّ مِنْ تَمَامِ الصَّلاةِ

“Luruskan shaf-shaf kalian, karena lurusnya shaf adalah kesempurnaan shalat” (HR. Bukhari no.690, Muslim no.433).

Patokan lurus shaf adalah pundak bagian atas badan dan kedua mata kaki. Dari Abu Mas’ud radhiallahu’anhu, ia berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَمْسَحُ مَنَاكِبَنَا فِي الصَّلاةِ وَيَقُولُ : ( اسْتَوُوا , وَلا تَخْتَلِفُوا فَتَخْتَلِفَ قُلُوبُكُمْ

“Dahulu Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam memegang pundak-pundak kami sebelum shalat, dan beliau bersabda: luruskan (shaf) dan jangan bengkok, sehingga hati-hati kalian nantinya akan bengkok (berselisih) pula” (HR. Muslim, no. 432).

Hikmah shaf lurus adalah sebab terikatnya hati orang-orang yang shalat. Dan bengkoknya shaf dapat menyebabkan berselisihnya hati mereka.

Perselisihan diantara kaum muslimin hari ini, salahsatunya disebabkan karena bengkoknya shaf shalat. Bermula dari hati yang bengkok.

Masuknya ‘mazhab WHO’ dan virus komunis ke masjid makin membuat kaum muslimin tercerai berai.

Sebelum ada ‘mazhab WHO’, Imam shalat ketika akan memulai shalat, menyerukan luruskan dan rapatkan shaf. Setelah ada ‘mazhab WHO’, seruan imam menyesuaikan. Luruskan tapi renggang.

Hati-hati ummat Islam pun renggang. Tidak berani bersalaman. Apalagi cipika cipiki dan cipiku.

Virus komunis sedang menyerang tempat ibadah ummat Islam. Shalat berjamaah di masjid yang hanya paling lama 15 menit ditiadakan.

Masjid tutup. Tidak boleh shalat berjamaah. Shalat tarawih di rumah. Shalat idul fitri dan idul adha ditiadakan.

Tapi….
Kerumunan di bank boleh.
Kerumunam di pasar tidak dibubarkan.
Kerumunan di super market dibiarkan.
Kerumunan apel siaga satgas pengamanan covid-19 diperintahkan.
Kerumunan vaksin sangat dianjurkan.

Katanya…..
Penyekatan, nyatanya hanya pengalihan arus.
Pembatasan kegiatan ibadah, nyatanya penutupan tempat ibadah.
PPKM darurat, nyatanya hanya ramai di TV dan media sosial.

Ikhtiar maksimal menghindari wabah covid-19 sangat dianjurkan. Lebih sangat dianjurkan lagi, ikhtiar super maksimal melawan virus komunis yang bisa membahayakan aqidah kaum muslimin.

Bandung, 11 Dzulhijjah 1442/21 Juli 2021
Tarmidzi Yusuf, Pegiat Dakwah dan Sosial