Tekno  

Super Thanks, Cara Baru Raup Uang Dari Youtube

Para YouTuber kini memiliki cara baru untuk mendapatkan uang dari YouTube. Ini karena aplikasi milik Google ini meluncurkan fitur baru bernama Super Thanks.

Fitur ini akan mengizinkan penonton video memberikan sejumlah uang untuk mendukung YouTuber favorit. Sumbangannya berkisar antara US$2 hingga US$50 atau setara Rp 28.900 hingga Rp 724 ribu).

Dengan fitur ini penonton juga bisa berinteraksi langsung dengan YouTuber. Di kolom komentar akan muncul berwarna di mana YouTuber bisa membalas pesan tersebut, seperti dikutip dari The Verge.

Fitur ini sudah tersedia bagi pengguna di 68 negara. Versi beta dari fitur ini pun akan segera hadir untuk YouTube desktop serta aplikasi Android dan YouTube.

“Di YouTube, kami selalu mencari cara baru bagi pembuat konten untuk mendiversifikasi sumber pendapatan mereka. Fitur baru ini memberikan kreator konten cara baru untuk menghasilkan uang sekaligus memungkinkan mereka memperkuat hubungan dengan penontonnya,” ujar Chief Product Officer YouTube Neal Mohan, seperti dikutip Jumat (23/7/2021).

Super Thanks menjadi opsi keempat bagi YouTuber dalam menghasilkan uang dari aplikasi ini. Sebelumnya sudah ada fitur Super Sticker dan Super Chat, di mana penonton bisa memberikan uang selama live streaming berlangsung.

Ada juga fitur membership kanal di mana YouTuber menawarkan konten video ekslusif bila penggemar berlanggan secara bulanan. {cnbc}