BWF Resmi Batalkan Korea Open 2021 dan Makau Open 2021

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) resmi membatalkan dua turnamen, yakni Korea Open 2021 dan Makau Open 2021. Keputusan pembatalan ini disampaikan secara resmi oleh BWF lewat laman resminya pada Rabu (11/8/2021).

Dalam waktu dekat ini, kompetisi dalam kalender BWF memang dijadwalkan akan digelar. Korea Open 2021 dijadwalkan berlangsung pada 31 Agustus-5 September 2021. Sementara itu, Makau Open 2021 akan diadakan pada 2-7 November.

Tetapi, penyelenggaraan dua turnamen tersebut terpaksa dibatalkan. Pendemi Covid-19 yang masih merebak saat ini jadi alasan utama pembatalan dua turnamen tersebut.

Selain dua turnamen itu, BWF juga menyamapikan bahwa Korea Masters 2021 yang sebelumnya sempat tertunda, kini dipastikan bakal dibatalkan. Hal itu merujuk pada keputusan pihak penyelenggara lokal yang melihat masih adanya pembatasan karena virus Covid-19.

Situasi ini membuat pihak penyelenggara tidak bisa menggelar turnamen sebagaimana mestinya. Alhasil, keputusan membatalkan turnamen harus diambil.

Lebih lanjut, Kejuaraan Dunia Junior yang dijadwalkan berlangsung di China pada tahun ini juga harus mengalami penundaan. BWF mengatakan tidak layak untuk mengadakan turnamen apa pun di China tahun ini.

Pihak BWF pun sejauh ini belum menemukan lokasi baru untuk menggelar turnamen Kejuaraan Dunia Junior 2021. Mereka juga belum mengumumkan soal tanggal baru.

Dalam keterangan resmi yang dirilis pada siang hari ini, BWF juga menyampaikan status baru untuk turnamen SaarLorLux Open 2021 yang akan digelar di Saarbrucken, Jerman.

Turnamen itu telah ditingkatkan statusnya menjadi BWF World Tour Super 500 dan akan dimainkan dengan nama Hylo Open 2021.

Turnamen dengan nama baru itu akan diselenggarakan pada awal November 2021. Turnamen itu akan melengkapi European Leg of BWF World Tour setelah Denmark dan Prancis.

Beberapa turnamen lainnya masih dikategorikan ditunda, seperti Malaysia Open dan Malaysia Masters 2021. BWF mengatakan belum mengetahui kapan keputusan akhir terhadap turnamen-turnamen yang ditunda itu akan disampaikan.

Ditundanya Korea Open dan juga Macau Open 2021 tentunya memberi kekecewaan bagi para atlet dan penggemar bulu tangkis di seluruh dunia. Turnamen bulu tangkis terdekat saat ini adalah Taiwan Open yang akan digelar pada 7-12 September 2021.

Setelah itu, ada Piala Sudirman pada 26 September-3 Oktober 2021 di Vantaa, Finlandia. Disusul dengan Piala Thomas dan Uber pada pertengahan Oktober di Aarhus, Denmark. {okezone}