News  

Kemenangan Taliban Akhiri Rezim Boneka AS Di Afghanistan

Ahad, 15 Agustus 2021 adalah hari kemenangan pejuang Islam Taliban di Afghanistan. Taliban berhasil menaklukkan Istana Kepresidenan tanpa pertumpahan darah. Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dikabarkan melarikan diri ke luar negeri.

Kemenangan tersebut disambut dengan pembacaan al-Qur’an surat an-Nashr di Istana Kepresidenan oleh Pejuang Taliban seperti dalam video yang viral.

اِذَا جَاۤءَ نَصْرُ اللّٰهِ وَالْفَتْحُۙ

Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,

وَرَاَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُوْنَ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اَفْوَاجًاۙ

dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah,

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُۗ اِنَّهٗ كَانَ تَوَّابًا ࣖ

maka bertasbihlah dalam dengan Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sungguh, Dia Maha Penerima tobat.

Dengan kemenangan ini, praktis Taliban kembali menjadi penguasa Afghanistan setelah 20 tahun invasi AS sejak tahun 2001 yang lalu.

Taliban pernah berkuasa di Afghanistan pada tahun 1996 sampai 2001 di bawah pimpinan Mullah Mohammad Omar sebagai Presiden setelah menggulingkan pemerintahan boneka AS dan Uni Soviet.

Taliban atau Taliban atau Taleban atau طالبان, dari bentuk jamak Bahasa Arab طالب ṭalib, artinya “murid”. Taliban didirikan pada tahun 1994. Mulanya Mullah Omar membentuk Taliban dengan 50 pengikut.

Dalam bahasa Pashtun, Taliban berarti pelajar. Hal ini merujuk pada anggota kelompok yang pernah belajar di bawah Mullah Omar.

Mullah Omar sendiri merupakan pendiri Taliban dan pernah menjadi Presiden Afghanistan pada tahun 1996 sampai 2001 sebelum digulingkan oleh invasi AS. Mullah Omar wafat pada tahun 2013.

Kemenangan Taliban disambut suka cita oleh dunia Islam. 20 tahun sejak 2001 sampai pertengahan Agustus 2021, Afghanistan dibawah pemerintahan boneka AS. Sebelumnya, Pemerintahan Afganistan juga pernah menjadi boneka Uni Soviet dengan Presiden Najibullah.

Mohammad Najibullah adalah presiden keempat dan terakhir dari Republik Demokratik Afghanistan pada masa komunis. Ia juga merupakan presiden kedua dari Republik Afghanistan. Ia mulai menjadi Presiden Afghanistan pada tanggal 30 September 1987 dan berakhir pada tanggal 16 April 1992.

Rezim Najibullah mirip-mirip dengan negara tetangga sebelah. Boneka komunis.

Bandung, 8 Muharram 1442/16 Agustus 2021
Tarmidzi Yusuf, Pegiat Dakwah dan Sosial