News  

Bamsoet Dukung Pembentukan Pansus First Travel

Bamsoet Pansus First Travel

Usulan Komisi III DPR agar panitia khusus (Pansus) agen perjalanan umrah bermasalah atau Pansus First Travel dibentuk mendapat dukungan dari Ketua DPR Bambang Soesatyo. Pria yang akrab disapa Bamsoet ini berpendapat bahwa apapun yang menjadi keluhan masyarakat harus direspons oleh DPR.

“Nah dalam hal ini korban First Travel sudah melapor pada Komisi III dan akan dibentuk Pansus. Kami pimpinan mendukung langkah-langkah itu, jadi segera saja dibentuk,” ujar Bamsoet di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Salah satu yang perlu dikritisi Pansus itu nantinya, menurut dia adalah pengawasan Kementerian Agama (Kemenag) terhadap agen perjalanan umrah dan haji yang bermasalah. “Akar persoalan ini bukan persoalan yang sekali dua kali, tetapi terus-menerus yang tidak bisa diselesaikan secara permanen,” tutur Politikus Partai Golkar ini.

Adapun proses peradilan terhadap kasus penipuan travel ini, kata dia, hal yang harus dipisahkan. “Kita mencegah supaya tidak terjadi lagi bentuk-bentuk penyimpangan atau penipuan yang hampir sama,” tegasnya.

Sebab, diakuinya bahwa bukan hanya First Travel yang melakukan penipuan terhadap para calon jamaah umrah. “Tapi terus aja muncul kasus-kasus berikutnya,” pungkasnya.

Diketahui, kemarin Komisi III DPR menggelar rapat dengar pendapat dengan para korban First Travel. Hasilnya, Komisi III DPR sepakat mengusulkan pembentukan Pansus Travel Gate.