Coach Eng Hian Sudah Kantongi 3 Nama Pasangan Baru Apriyani, Tapi…

Pelatih ganda putri, Eng Hian, mengaku sudah memiliki tiga nama yang bisa menjadi pasangan baru Apriyani Rahayu ketika Greysia Polii pensiun nanti.

Seperti diketahui, masa depan Greysia Polii sebagai pebulutangkis nasional sempat menjadi teka-teki usai keberhasilannya memenangkan medali emas Olimpiade di usia 34 tahun bersama Apriyani Rahayu.

Tak bisa dipungkiri, pada usianya yang sudah sangat senior dengan statusnya sebagai seorang istri, Greysia Polii diprediksi tak lama lagi bakal gantung raket dan meninggalkan Apriyani Rahayu.

Sebagai pelatih, Eng Hian dan Chafidz Yusuf tentu saja harus mempersiapan pemain yang akan menggantikan posisi Greysia sebagai pasangan Apriyani.

Hal ini menjadi salah satu topik yang dibahas ketika Eng Hian dan Chafidz Yusuf menjadi narasumber di acara yang dibawakan Liliyana Natsir bertajuk #TekTokanAlaButet pada akun YouTube PB Djarum.

Liliyana yang akrab disapa Butet bertanya kepada Eng Hian dan Chafidz Yusuf apakah sudah mendapatkan pengganti Greysia Polii saat dirinya pensiun nanti.

Eng Hian mengatakan bahwa tim pelatih PBSI sudah mempersiapkan beberapa nama, namun dirinya tidak bisa mengungkapkan hal itu secara dini.

Namun Eng Hian menekankan bahwa butuh waktu lama karena nama-nama tersebut harus melalui uji coba sampai tim pelatih benar-benar menemukan pemain ideal untuk pasangan baru Apriyani nanti.

“Kalau untuk nama, prediksi itu sudah ada. Tapi, pastinya akan ada proses uji coba, juga proses bagaimana calon partnernya (Apriyani) ini menjalani proses latihan. Ini jadi evaluasi,” ujar Eng Hian.

“Kalau nama ada dua tiga nama, saya nggak mau eksekusi sekarang, nanti ngobrol sambil berjalan, ngobrol sama Greys dulu, kita nggak tahu kalau dia bakal main sampai 2024 kan,” lanjutnya.

Senada dengan Eng Hian, asistennya Chafidz Yusuf juga menambahkan bahwa nama-nama yang sudah dikantongi itu sudah dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan Apriyani ke depannya.

“Ada beberapa nama potensial, juga melihat kebutuhan pasangan Apri yang ke depan seperti apa, kita sudah melihat dan sudah kita persiapkan,” tandas Chafidz.

Kapan Greysia Polii Pensiun?

Liliyana Natsir pun juga menanyakan kemungkinan Greysia dan Apriyani bakal dipisah pada turnamen-turnamen musim ini dalam waktu dekat. Eng Hian menegaskan bahwa mereka masih akan bersama sampai akhir tahun.

“Untuk tahun ini, Greys dan Apri masih tetap bareng. Greys sudah menyampaikan ke saya bakal main sampai World Championship (Desember 2021). Tapi, untuk ke depannya, belum tahu,” pungkas Eng Hian.

Di satu sisi, Liliyana Natsir justru menantang Greysia Apriyani bisa bermain sampai 2024 dan tidak mengikuti jejaknya yang pensiun tak lama setelah Olimpiade Rio 2016.

Sebagaimana diketahui, Liliyana Natsir juga pebulutangkis yang pernah meraih medali emas Olimpiade Rio 2016 bersama Tontowi Ahmad, namun dari sektor ganda campuran.

Tak berselang lama, tepatnya di awal tahun 2019, Liliyana Natsir akhirnya memutuskan untuk pensiun. Kala itu ia berusia 33 tahun. {indosport}