Ini Faktor Kunci Verstappen Naik Podium Kedua Di F1 GP Rusia 2021 Meski Start Paling Belakang

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, berhasil naik podium kedua saat balapan Formula One (F1) GP Rusia 2021 di Sirkuit Sochi, Minggu (26/9/2021) malam WIB. Penasehat Tim Helmut Marko, mengatakan keberhasilan sang pembalap bisa tampil apik karena ada bantuan hujan.

Sebagaimana diketahui, pembalap asal Belanda itu mendapatkan hukuman setelah menjadi penyebab kecelakaan yang dialami pembalap Tim Mercedes, Lewis Hamilton pada balapan di Monza. Alhasil, Verstappen harus berada di posisi belakang saat start balapan di Sirkuit Sochi.

Akan tetapi, balapan yang dilakukan Verstappen bisa dibilang berjalan dengan baik, meski harus memulai dari belakang. Verstappen mampu menyalip pembalap lainnya seperti Valtteri Bottas dan Charles Leclerc yang juga harus memulai balapan dari barisan belakang karena hukuman mengganti mesin.

Verstappen memulai balapan menggunakan ban keras. Namun, setelahnya ia mendapatkan kelamabatan, lantaran ban tersebut cepat habis. Pada akhirnya, ia dan timnya megubah strategi dengan memasuki pit lebih awal dari yang direncanakan.

Tim Red Bull kemudian mengubah ban Verstappen menjadi intermediet. Namun, secara tidak sengaja, balapan tersebut kemudian dilanda cuaca hujan.

Alhasil dengan perubahan ban tersebut, Verstappen secara perlahan naik ke baris terdepan dan sangat terbantu oleh kondisi trek yang basah karena diguyur hujan.

Melihat kejadian itu, penasehat Tim Red Bull, Helmut Marko memberikan komentarnya. Ia membenarkan bahwa trek basah membantu Verstappen mendapatkan podium kedua. Namun, ia menegaskan bahwa strategi mereka berjalan dengan baik dan ada dalam kondisi yang tepat.

“Hujan membantu kami. Max berganti ke intermediet pada saat yang tepat. Dia melewati lapangan dengan baik, tapi sayangnya bannya cepat aus,” ucap Marko, dilansir dari RacingNews365, Senin (27/9/2021).

“Ini memaksa kami untuk mengubah strategi kami. Sebuah podium tidak akan mungkin terjadi tanpa hujan,” pungkasnya. {okezone}