Kalahkan Belgia 2-1, Italia Segel Tempat Ketiga di UEFA Nations League 2020-2021

Italia melawan Belgia dalam perebutan tempat ketiga UEFA Nations League (UNL) 2020-2021. Main di Allianz Stadium, Turin, Italia Minggu (10//10/2021), malam WIB, Gli Azzurri menang 2-1 sehingga berhak atas tempat ketiga di UNL 2020-2021.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pada awal babak pertama, kedua tim memulai dengan saling serang satu sama lain. Dimulai dengan percobaan berkali-kali Federico Chiesa bagi Italia yang dibalas beberapa menit kemudian oleh para pemain Belgia.

Memasuki pertengahan babak pertama, Italia mencoba mendominasi permainan dengan lebih sabar. Di sisi lain, ketika bola berada di penguasaan lawan, mereka terapkan garis pertahanan tinggi.

Benar saja, kecerobohan pemain Belgia di garis pertahanan sendiri hampir dimanfaatkan Domenico Berardi. Sayang, tendangannya masih mampu ditangkap Thibaut Cortouis.

Kesempatan kembali didapatkan Italia melalui pergerakan dari Raspadori pada menit 20. Dia memanfaatkan umpan terobosan Chiesa, lalu berlari ke arah gawang.

Akan tetapi, Alderweireld berhasil mengejarnya dan kembali tepat waktu untuk membelokkan bola tendangan Raspadori yang hanya melebar dari tiang.

Belgia dengan cepat melancarkan serangan pada menit 25. Melalui Saelemaekers di dalam kotak penalti, tendangannya masih membentur mistar gawang.

Sejauh 36 menit laga berjalan, permainan cukup seimbang. Kedua tim menciptakan peluang, tetapi tidak ada yang mampu mencetak gol.

Sampai memasuki menit-menit akhir babak pertama, kedua tim masih saling jual beli serangan. Akan tetapi, skor kacamata mengakhiri babak pertama.

Babak Kedua

Pada awal babak kedua, Italia tampil apik. Satu menit babak kedua berjalan, Gli Azzurri memecahkan kebuntuan melalui gol Nicolo Barella.

Belgia tidak terlihat nyaman di lini belakang. Italia pun menemukan banyak ruang di antara lini sehingga mulai menekan dengan gencar.

Pada menit 60, Batshuayi nyaris mencetak gol penyeimbang untuk Belgia. Akan tetapi, tendangannya hanya membentur bagian bawah mistar gawang.

Saat ada harapan menyamakan kedudukan, Belgia justru kembali kena petaka. Pada menit 63, Chiesa dijatuhkan Castagne di kotak terlarang. Alhasil, hadiah penalti diberikan wasit pada Italia.

Domenico Berardi tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk mencetak gol dari titik putih. Gol ini pun memperlebar keunggulan Italia menjadi 2-0.

Ketika laga hampir pasti dimenangkan tuan rumah, gol De Ketelaere (86′) untuk Belgia membuat penggemar Italia berdebar. Akan tetapi, skor 2-1 untuk kemenangan Italia bertahan hingga akhir.

Susunan pemain Italia vs Belgia:

ITALIA XI (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Francesco Acerbi, Alessandro Bastoni, Emerson; Nicolo Barella, Manuel Locatelli, Lorenzo Pellegrini; Domenico Berardi, Giacomo Raspadori, Federico Chiesa.

Cadangan: Salvatore Sirigu, Alex Meret, Giorgio Chiellini, Marco Verratti, Jorginho, Lorenzo Insigne, Federico Dimarco, Bryan Cristante, Moise Kean, Federico Bernardeschi.

Pelatih: Roberto Mancini

BELGIA (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Jason Denayer, Jan Vertonghen; Timothy Castagne, Axel Witsel, Youri Tielemans, Alexis Saelemaekers; Hans Vanaken, Yannick Carrasco; Michy Batshuayi

Cadangan: Simon Mignolet, Koen Casteels, Dedryck Boyata, Kevin De Bruyne, Dodi Lukebakio, Arthur Theate, Charles De Ketelaere, Leander Dendoncker, Leandro Trossard.

Pelatih: Roberto Martinez {okezone}