Survei KedaiKOPI, Elektabilitas Golkar Tinggal 6,9 Persen

Elektabilitas Golkar Dibawah Airlangga Jeblok

PDI Perjuangan diprediksi akan memenangkan pemilihan legislatif (Pileg) 2019. Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menunjukkan elektabilitas partai besutan Megawati Soekarnoputri ini menempati posisi puncak.

“PDI Perjuangan memperoleh 20,1% ketika responden ditanya partai politik apa yang akan dipilih pada pemilu legislatif 2019 nanti,” kata Founder Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio, Sabtu (14/4).

Partai Gerindra menempati posisi kedua. Sebanyak 9,5% responden memilih partai besutan Prabowo Subianto ini. Di bawah Airlangga Hartarto, Partai Golkar hanya menempati posisi ketiga dengan elektabilitas 6,9%. Angka ini jauh lebih rendah dari perolehan suara Golkar saat dipimpin Aburizal Bakrie (ARB) di Pileg 2014 lalu, yakni 14,75 persen.

Disusul Partai Demokrat (4,6%), PKB (4,6%), PKS (3,9%), PPP (3,6%), Partai Nasdem (3,5%), PAN (3,4%), Partai Perindo (3,3%), Partai Hanura (2,3%), dan PBB (0,2%).

Sementara tiga partai baru berada urutan terbawah dengan hanya Partai Garuda mendapat suara (0,2%) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Berkarya 0%.

“Alasan pemilihan responden terhadap partai-partai ini utamanya berdasarkan program partai, tokoh/kader yang disukai serta ideologi/latar belakang partai,” kata Hendri.

Survei KedaiKOPI kali ini dilakukan terhadap 1135 responden yang tersebar di 34 propinsi dengan margin of error plus minus 2,97% pada interval kepercayaan 95,0%.

Responden adalah calon pemilih berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling dan diwawancarai dengan tatap muka (home visit).