AS Roma Libas SPAL 3 Gol Tanpa Balas

AS Roma SPAL

AS Roma menang telak 3-0 saat bertandang ke SPAL. Membuka keunggulan dari gol bunuh diri, Roma menegaskan dominasi lewat Radja Nainggolan dan Patrik Schick.

Bertandang ke Stadio Paolo Mazza, Sabtu (21/4/2018) malam WIB di lanjutan Serie A, Roma mengistirahatkan sejumlah pemain kunci untuk menghadapi Liverpool di semifinal Liga Champions. Di antara mereka yang disimpan adalah Edin Dzeko, Alessandro Florenzi, Aleksandar Kolarov, dan Daniele De Rossi.

Roma langsung memegang kendali permainan selepas sepak mula, tapi SPAL lebih dulu mengancam. Mirco Antenucci di menit ke-12 lolos dari jebakan offside dan mendapatkan tekanan dari Federico Fazio.

Dalam sebuah momen, kaki keduanya beradu dan Antenucci terjatuh. SPAL meminta penalti, namun wasit tak menggubrisnya dan permainan dilanjutkan.

Respons Roma dari Stephan El Shaarawy 10 menit kemudian berakhir di samping gawang usai membentur pemain SPAL. Roma kemudian memetik keunggulan di menit ke-33.

Kevin Strootman memenangi bola lalu mengoper ke Lorenzo Pellegrini di kanan. Bola diteruskan ke tengah kotak penalti di mana Strootman siap menyambut, tapi Francesco Vicari lebih dulu memotong umpan dan memasukkan bola ke gawang sendiri.

Pellegrini lantas mendapatkan peluang bagus di menit ke-41, saat berada dalam posisi cukup bebas di tengah kotak penalti. Tapi sontekannya dihalau Alex Meret dengan kaki.

Di masa injury time, Roma punya dua peluang apik tapi gagal dimaksimalkan. Tembakan El Shaarawy menyambar umpan Schick bisa ditepis Meret, sementara upaya Radja Nainggolan menyamping.

Roma menggandakan keunggulan di awal babak kedua, tepatnya di menit ke-52. Sepakan Nainggolan menyambut bola liar berakhir di pojok kiri bawah.

Tiga menit berselang, Roma terancam. Alisson Becker melakukan penyelamatan untuk mencegah Alberto Paloschi menipiskan selisih.

Di menit ke-59, Roma membuat gol ketiga. Pellegrini melambungkan bola menyusul sebuah situasi sepak pojok dan ditanduk Schick yang tak terkawal.

Aksi individu El Shaarawy di menit ke-66 melewati tiga pemain belum membuahkan hasil, setelah tembakannya melenceng. Aksi balasan dari Antenucci malah lebih mengancam, tapi Alisson sigap menghentikan tembakannya.

El Shaarawy nyaris menambah gol Roma di menit ke-75, saat dia dalam posisi bebas menyambut umpan Pellegrini. Sundulannya menghantam tiang gawang dan belakangan wasit meniup peluit tanda offside.

Di sisa waktu, Roma menjaga keunggulannya dengan baik dan menurunkan tempo permainan. Skor tak berubah lagi sampai peluit akhir berbunyi.

Kemenangan ini menjaga Roma di posisi tiga klasemen dengan nilai 67 dari 34 laga. Mereka sementara unggul tiga poin atas Lazio dan empat poin dari Inter Milan yang baru bermain 33 kali.

Susunan pemain:

Spal: Meret (Gomis 79); Cionek, Vicari (Grassi 38), Felipe; Lazzari, Kurtic, Everton Luiz, Schiattarella (Simic 46), Mattiello; Paloschi, Antenucci

AS Roma: Alisson; Bruno Peres, Fazio, Manolas, Silva; Strootman (Cengiz Under 67), Gonalons, Pellegrini (Gerson 77); Nainggolan (Perotti 73), El Shaarawy; Schick